ppid@riau.go.id (0761) 45505

Aan Geisha Takjub dengan Kreativitas Musisi Muda di Kenduri Riau 2024

  • PPID UTAMA
  • 20 October 2024
  • 28 View

Pekanbaru – Kenduri Riau 2024 resmi digelar dengan semarak, satu di antaranya ditandai dengan penyelenggaraan festival band. Acara ini  berlangsung di Bandar Seni Raja Ali Haji, Komplek Purna MTQ Pekanbaru pada Sabtu, (19/10). Berhasil menyajikan perpaduan apik antara musik kontemporer dan nuansa melayu yang kental.

Berbagai band asal Riau turut memeriahkan acara ini dengan penampilan memukau. Mereka berhasil membawakan lagu-lagu bernuansa melayu seperti "Laksmana Raja di Laut" dan "Zapin" dengan aransemen musik yang kekinian. 

Hal ini menunjukkan kreativitas para musisi Riau dalam menggabungkan musik tradisional dengan gaya modern.Tidak hanya band-band dengan nuansa melayu, band-band bergenre rock seperti "CD Macho" juga berhasil mengguncang panggung. 

Suara gitar yang menyayat, dentuman drum menggelar, dan vokal yang energik berhasil membakar semangat penonton. Interaksi yang erat antara penonton dan musisi menciptakan suasana yang meriah dan penuh semangat.

Show Director Kenduri Riau 2024, Alyusra, mengungkapkan bahwa terdapat 13 grup band asal Riau yang berkompetisi dalam festival ini. Mereka lolos setelah melewati seleksi ketat yang dilakukan oleh dewan juri yang diketuai oleh Aan Geisha, drummer band Geisha.

"Dari hasil pendaftaran dan seleksi, ada 13 grup band yang berkompetisi," ujar Alyusra.

Aan Geisha selaku ketua juri menjelaskan, bahwa penilaian dilakukan berdasarkan beberapa aspek, seperti penguasaan panggung, alat musik, lagu, skill, kekompakan, kreativitas, dan kostum.

"Dengan adanya penilaian ini, kami melihat ada beberapa peserta yang memakai songket, ada yang memakai tanjak, hal ini kan positif juga untuk mereka yang akan membawakan lagu melayu," tambah Aan Geisha.

Aan Geisha juga mengapresiasi kreativitas para musisi Riau dalam mengaransemen lagu-lagu melayu. Menurutnya, hal ini menunjukkan potensi besar dari para musisi muda Riau.

"Penilaian sejauh ini, permainan yang ditampilkan seluruhnya baik, aransemennya luar biasa, sangat berpotensi, apalagi melihat penampil tadi masih ada yang pelajar SMA," ungkap Aan Geisha.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat, berharap festival musik ini dapat menjadi wadah bagi generasi muda Riau untuk mengembangkan potensi mereka di dunia seni. Ia juga mengapresiasi musikalitas yang ditampilkan oleh para peserta.

"Kami berharap acara ini menjadi motivasi bagi para musisi muda Riau untuk terus berkarya dan membawa nama daerah kita ke kancah nasional bahkan internasional," ujar Roni Rakhmat dengan optimis.

Festival band dalam Kenduri Riau 2024 bukan hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga menjadi upaya untuk melestarikan budaya Melayu melalui musik. Dengan memadukan musik modern dan tradisional, acara ini diharapkan dapat menarik minat generasi muda terhadap musik daerah.

Secara keseluruhan, Kenduri Riau 2024, khususnya festival band, telah berhasil menyajikan pertunjukan yang berkualitas dan menghibur. Acara ini membuktikan bahwa Riau memiliki banyak talenta musik yang patut diperhitungkan.

Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat, diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus diadakan secara rutin. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan industri musik di Riau dan membuka peluang bagi para musisi muda untuk berkarya lebih luas.

Festival band dalam Kenduri Riau 2024 menjadi bukti bahwa musik dapat menjadi pemersatu dan penguat identitas budaya. Diharapkan, acara ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk terus berkarya dan memajukan dunia seni di Indonesia.



(Mediacenter Riau/Alw)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Ir. MUHAMMAD TAUFIQ OESMAN HAMID, MT

Plh. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

671

  • 275 Tersedia Setiap Saat
  • 344 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 8 Dikecualikan

Permohonan Informasi

365

  • 100 Selesai
  • 183 Ditolak
  • 79 Sedang Proses

Member PPID

450

  • 449 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store