ppid@riau.go.id (0761) 45505

Pekanbaru-Singapura Semakin Dekat, Scoot Airlines Hadirkan Maskapai Embraer E190-02

  • PPID UTAMA
  • 12 October 2024
  • 15 View

PEKANBARU - Penerbangan Internasional di Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru kembali diramaikan oleh maskapai penerbangan dari luar negeri. Kali ini maskapai Scoot Airlines (Singapura), dengan jenis Pesawat Embraer E190-02, mulai beroperasi di Pekanbaru dengan Rute Singapura-Pekanbaru- Singapura. 

Pesawat Embraer E190-02, ini mampu mengangkut 112 penumpang dengan menggunakan 2 jet engine, sehingga pesawat ini lebih cocok digunakan untuk penerbangan dengan rute-rute jarak pendek. 

General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko, menjelaskan, dengan kapasitas yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan pesawat jet engine sekelas yang rata-rata kapasitasnya mencapai 150 seat bahkan lebih.

“Tipe ini sangat cocok digunakan untuk penerbangan rute-rute jarak pendek dengan demand 100 an penumpang per penerbangan, seperti rute penerbangan, Pekanbaru-Malaka-Singapura dan sebaliknya Singapura-Malaka-Pekanbaru,” ujar Radityo, saat mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Scoot Airlines (Singapura), melalui General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Oki biasa ia disapa mengatakan, dengan mulai beroperasinya Pesawat Embraer E190-02 milik Scoot Airlines ini, berharap ke depan bisa terbuka rute-rute baru lainnya. “Tentunya kita berharap hadirnya penerbangan Internasional ini, dapat terus mendorong konektivitas dari dan ke Riau, baik domestik maupun Internasional,” jelas Oki. 

Sementara itu, Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, menyambut baik kedatangan pesawat  Embraer E190-02, milik Scoot Airlines ini, sejalan dengan itu M Job menyampaikan salah satu hasil perundingan Sosek Malindo ke-20, yang baru berlangsung beberapa waktu lalu di Pekanbaru.

“Jadi ini menjadi salah satu hasil dari pertemuan Sosem Malindo, adalah keinginan kedua belah pihak yaitu Malaka (Malaysia), ataupun Riau, untuk dapat membuka kembali jalur penerbangan dari Pekanbaru ke Malaka, yang nantinya dapat kembali mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian antara kedua belah pihak,” jelas M Job Kurniawan.

Dampak dari bertambahnya penerbangan Internasional ini akan menambah peluang pariwisata di Riau, khususnya kabupaten atau kota yang berbatasan langsung dengan Pekanbaru seperti Kampar, Siak dan Dumai dapat menjadi pilihan masyarakat Malaka untuk berwisata di Riau. 



(Mediacenter Riau/ji)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Ir. MUHAMMAD TAUFIQ OESMAN HAMID, MT

Plh. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

671

  • 275 Tersedia Setiap Saat
  • 344 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 8 Dikecualikan

Permohonan Informasi

364

  • 100 Selesai
  • 182 Ditolak
  • 79 Sedang Proses

Member PPID

447

  • 446 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store