ppid@riau.go.id (0761) 45505

Ribuan Pengunjung Ditunggu di Festival Siak Bermadah, Ada Susur Sungai Hingga Seni Pertunjukan

  • PPID UTAMA
  • 06 October 2024
  • 26 View

Pekanbaru - Kabupaten Siak, dengan sejarah panjang sebagai pusat peradaban Melayu, kembali menggelar Festival Siak Bermadah tahun ini. Acara yang telah menjadi tradisi tahunan ini semakin semarak dengan berbagai kegiatan menarik.

Acara yang telah menjadi agenda tahunan ini, akan digelar terasa lebih istimewa karena bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Perak Kabupaten Siak ke-25.

Selama empat hari, mulai tanggal 9 hingga 12 Oktober 2024 masyarakat Siak dan sekitarnya bakal dimanjakan dengan beragam pertunjukan seni tradisional hingga modern.

Bersama 5 iven lainnya di Riau, Festival Siak Bermadah tahun 2024 ini, juga masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pelaksanaan Festival Siak Bermadah dimulai dengan pembukaan Bazar Ekonomi Kreatif (Ekraf), pertunjukan mini stage, street food. Lalu, ada pula permainan tradisional masyarakat Melayu tempo dulu, heritage tour serta kegiatan susur sungai di siang hari.

Untuk memeriahkan suasana, panitia juga mengundang artis-artis ternama seperti Charly dan Baby Shima. Kehadiran artis papan atas diharapkan dapat menarik minat generasi muda untuk hadir dan ikut serta mengenalkan budaya Melayu.

Selain menggelar panggung hiburan dan bazar ekraf, Festival Siak Bermadah juga menyuguhkan produk-produk lokal. Batik, tenun, dan kerajinan tangan tanggan lainnya, dapat menjadi oleh-oleh menarik bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan, Festival Siak Bermadah tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya, namun juga sebagai sarana promosi pariwisata. 

Kadispar Riau juga menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Siak Bermadah. Acara yang digelar selama empat hari ini dianggap sebagai ajang yang efektif untuk mempromosikan kekayaan budaya Melayu, khususnya di Kabupaten Siak.

"Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata mendukung Festival Siak Bermadah. Tidak hanya menjadi ajang promosi budaya, iven ini juga menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan usahanya," kata Roni, Minggu (6/10/2024).

"Dengan adanya festival ini, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Siak dan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk melestarikan budaya," imbuh.

Selain itu, Roni juga menekankan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan budaya. "Generasi muda adalah penerus bangsa. Mereka harus memiliki rasa cinta terhadap budaya sendiri," tegasnya.

Roni Rakhmat, memberikan apresiasi tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Siak Bermadah. Menurutnya, acara ini tidak hanya menjadi ajang pelestarian budaya Melayu, tetapi juga menjadi stimulan yang kuat bagi pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah.

"Festival Siak Bermadah tidak hanya menyajikan pertunjukan seni budaya yang memukau, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat. 

Saya sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Kabupaten Siak dalam menyelenggarakan Festival Siak Bermadah," ujar Roni yang juga menjabat Pjs Bupati Kepulauan Meranti.

Lebih lanjut, Roni menjelaskan bahwa festival ini sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Riau dalam mengembangkan sektor pariwisata. "Melalui berbagai event seperti ini, kita berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Riau," ujarnya.



(Mediacenter Riau/MC Riau)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Ir. MUHAMMAD TAUFIQ OESMAN HAMID, MT

Plh. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

671

  • 275 Tersedia Setiap Saat
  • 344 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 8 Dikecualikan

Permohonan Informasi

357

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 75 Sedang Proses

Member PPID

446

  • 445 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store