ppid@riau.go.id (0761) 45505
Ketua Dekranasda Provinsi Riau Hadiri Rakernas Dekranas 2024 di Jakarta

Ketua Dekranasda Provinsi Riau Hadiri Rakernas Dekranas 2024 di Jakarta

  • PPID UTAMA
  • 27 August 2024
  • 15 View

JAKARTA - Katua Dekranasda Provinsi Riau, Zuliana Rahman Hadi menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2024. Kegiatan bergengsi ini berlangsung di Auditorium Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, pada Selasa (27/08).

Rakernas tahun ini resmi dibuka oleh Ketua Umum Dekranas Pusat, Wury Ma’ruf Amin. Pembukaan rakernas ditandai dengan pemukulan gong, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari seluruh peserta.

Dengan mengusung tema "Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya". Rapat kerja nasional saat ini, mengarah pada peran penting generasi penerus dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya melalui kerajinan tangan.

Dikatakan, Ketum Dekranas Pusat, Wury Ma'ruf Amin, bahwa dewan kerajinan Nasional yang berada di setiap daerah mempunyai peran luar biasa. Terlebih dalam melakukan pembimbingan dan memberikan motivasi kepada pengrajin lokal supaya dapat berkontribusi untuk melestarikan warisan budaya.

Sehingga, pengrajin lokal dapate meningkatkan kesejahteraan melalui kegiatan usaha yang mapan. Terutama pada generasi muda saat ini.

“Ini tentunya releven dengan tema Rakernas kita pada hari ini, yakni Pengrajin Muda Lestarikan Warisan Budaya Bangsa. Dimana generasi muda bisa mendorong dan mengembangkan warisan berupa produk kerajinan tanah air dengan berbagai kemanfaatan sumberdaya yang dimiliki,” katanya.

Dijelaskan, rakernas tahun ini merupakan pertemuan terakhir yang diikuti dengan skala besar. Oleh karena itu, diharapkan segala program telah dilaksanakan Dekranas dapat menjadi acuan untuk pimpinan Dekranasda Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang akan datang.

"Apa yang telah menjadi program dapat diteruskan dan diperbaharui agar Dekranasda lebih baik lagi untuk kedepannya lagi,” jelasnya.

Diungkapkan, beragam kekayaan budaya yang di miliki Indonesia dapat menjadikan inspirasi untuk membuat produk kerjainan bernilai tinggi. Ia menambahkan, tentu saja ini dapat membuka peluang untuk menjual produk di pasar Internasional tanpa harus melalui distribusi konvensional.

Terlebih, pada era globalisasi saat ini, industri kerajinan mengalami tantangan mulai dari persaingan global, perubahan pasar hingga perkembangan tekhnologi. Namun, dibalik tantangan tersebut terdapat peluang besar yang dapat di manfaatkan untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan.

"Maka dari itu, kita dituntut senantiasa bersinergi dan bisa bersaing guna menciptakan ekosistem kerajinan yang solid dalam mewujudkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Riau, Zuliana Rahman Hadi, menyampaikan rasa syukur dan bangganya bisa mengikuti agenda penting ini secara langsung. Ia menilai, Rakernas ini memberikan banyak inspirasi dan pandangan baru dalam upaya melestarikan kerajinan tradisional yang merupakan bagian integral dari budaya bangsa.

“Saya bersyukur dapat hadir langsung dalam Rakernas Dekranas. Ini menjadi momen penting bagi kita semua untuk mendapatkan wawasan baru dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kerajinan tradisional di daerah masing-masing,” tuturnya.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

636

  • 269 Tersedia Setiap Saat
  • 317 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

351

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 70 Sedang Proses

Member PPID

440

  • 439 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir