ppid@riau.go.id (0761) 45505
HUT Ke-79 RI, Pj Gubri Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Pekanbaru

HUT Ke-79 RI, Pj Gubri Hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Pekanbaru

  • PPID UTAMA
  • 17 August 2024
  • 16 View

PEKANBARU - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri) Rahman Hadi menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci. Pelaksanaan ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Pekanbaru, pada Jumat (16/08/2024) malam.

Acara yang berlangsung khidmat ini dipimpin langsung oleh Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca, SAP M.Han, bertindak sebagai inspektur upacara. Agenda dimulai pukul 00.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, serta tokoh perjuangan rakyat. 

Pj Gubri Rahman Hadi bersama para peserta upacara lainnya memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam suasana hening dan penuh penghormatan, lampu-lampu yang menerangi TMP Kusuma Dharma dipadamkan sejenak untuk momen renungan suci.

Dikatakan, Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, bahwa apel dan renungan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sudah seharusnya generasi penerus selalu mengenang jasa para pahlawan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa," katanya.

Dijelaskan, ada sebanyak 553 personel berkumpul di TMP Dharma Khusuma Pekanbaru untuk melaksanakan kegiatan apel dan renunangan suci. Adapun rinciannya terdiri dari pasukan TNI 334 orang, Polri 44 orang, Pegawai Sipil 18 orang, Pejuang Rakyat 113 orang, dan Pahlawan tidak dikenal 24 orang.

Ia menambahkan, sungguh peringatan tersebut mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pahlawan yang telah berjasa bagi negara. Dengan begitu, Danrem 031/Wirabima, mengajak seluruh masyarakat Riau untuk meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga persatuan dan semangat kebangsaan.

"Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga," jelasnya.

Lebih lanjut, upacara ini diakhiri dengan pembacaan doa untuk para pahlawan yang telah beristirahat dengan tenang di TMP Kusuma Dharma. Suasana khusyuk mewarnai acara tersebut, mengingatkan semua akan betapa mahalnya kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia.

"Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya," pungkas Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Dany Rakca.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Pekanbaru ini menjadi satu diantara rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia di Provinsi Riau. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat dapat terus mengingat jasa para pahlawan dan menjadikan semangat mereka sebagai inspirasi dalam membangun bangsa.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

636

  • 269 Tersedia Setiap Saat
  • 317 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

348

  • 97 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 68 Sedang Proses

Member PPID

436

  • 435 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir