ppid@riau.go.id (0761) 45505
Lepas Mahasiswa yang Ikuti Program IISMA Dan Summer Course, Ini Pesan Rektor UMRI

Lepas Mahasiswa yang Ikuti Program IISMA Dan Summer Course, Ini Pesan Rektor UMRI

  • PPID UTAMA
  • 02 August 2024
  • 18 View

PEKANBARU- Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melepas tiga mahasiswa Umri mengikuti Program Summer Course ke Negara Taiwan dan Hungaria pada Jum’at (02/08/2024) pagi di ruang rapat pimpinan Gedung Rektorat.

Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA, memberikan nasehat serta arahan kepada ketiga mahasiswa yang akan berangkat ke dua negara guna mengikuti kegiatan tersebut.

Rektor Umri Dr Saidul Amin MA merasa bangga dengan mahasiswa UMRI yang mampu dan berani menginjak dunia luar untuk mencari ilmu baru di sertai dengan dakwah.

"Pertama tahniah kami ucapakan kepada ananda yang sebentar lagi akan berangkat ke negeri orang, namun jagalah identitas diri sebab kita tahu negara barat itu bebas sekali, you are muslim dan anda bagaimana pun orang Muhammadiyah dan jadilah duta-duta Muhammadiyah disana," katanya Saidul Amin.

Lebih lanjut ia menyebut ada tiga hal penting yang harus diterapkan oleh mahasiswa yang belajar di luar negeri salah satunya bagaimana cara meningkatkan pengetahuan.

"Hal pertama how to improve your knowledge and how to upgrade your skill, maka dari itu penting sekali meningkatkan pengetahuan dan juga keterampilan dan yang kedua adalah global networking sebab anda akan berjumpa mahasiswa dari berbagai negara jadi bina hubungan yang baik dan harus punya pergaulan yang luas, dan yang ketiga you are ambassador of Muhammadiyah sehingga kalau orang bertanya tentang Muhammadiyah anda dapat menjelaskannya," sebutnya.

Disamping itu Ketua BPH Umri berpesan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti program ini dengan baik serta menjadi duta Muhammadiyah.

"Nantinya ananda akan dapat membawa Umri tampak oleh dunia dan kami sangat gembira tentu kami ucapkan tahniah semoga program ini bermanfaat untuk pribadi dan juga kampus Umri," harapnya.

Selain itu ia juga ingin sembari menuntut ilmu mahasiswa juga dapat berdakwah melalui perilaku.

"Dakwah Islamiyah itu tidak langsung, namun sikap kita yang menunjukkan hal itu sebagai pelajar muslim. Ini bagus, saya kira itu yang perlu kita tanamkan dengan baik," pungkasnya.

Ketiga mahasiswa yang berkesempatan mengikuti program tersebut yaitu Nur Afiza yang merupakan mahasiswi Program Studi Keperawatan yang akan melakukan Indonesian Internasional Student Mobility Award (IISMA) di University of Pecs Hungary, sedangkan Danel Hardiansyah dan Rama Segara Johar yang merupakan mahasiswa Program Studi Manajemen yang akan menjalankan program Summer Course di Ming Chi University of Technology Taipe.

Salah seorang mahasiswa yang akan berangkat ke Ming Chi University of Technology Taipe Danel Hardiansyah mengatakan dari kesempatan ini ia tertarik untuk mendaftar guna menambah relasi internasional.

"Mendapat rekan-rekan di bidang bisnis apa lagi saat ini saya sedang berada di Program Studi manajemen tentu hal ini yang sangat ingin sekali saya dapatkan di Ming Chi University of Technology Taipe," ungkap Danel.

Disamping itu rekannya Rama Segara Johar berharap dengan berkegiatan selama 10 hari di Ming Chi University of Technology Taipe, ia dapat belajar bahasa asing dan juga mempelajari budaya.

"Nantinya disana kita akan mempelajari bahasa mandarin dan budaya Taiwan, lalu kita juga akan melakukan study tour dan akan mengunjungi beberapa pabrik serta berkunjung ke Universitas lain yang merupakan mitra dari Ming Chi University of Technology Taipe," harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Nur Afiza. Ia berharap kepada teman-teman mahasiswa Umri lainnya untuk dapat mengikuti program IISMA dengan percaya diri.

"Yang terpenting tentunya niat, dan juga belajar serta menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris dan diikuti dengan pengetahuan lainnya. Tentu kita harus percaya dengan diri sendiri bahwa kita bisa dan berani mencoba dengan menghilangkan rasa takut. Nantinya disana akan ada komunitas dan saya akan belajar juga mengenai bidang keperawatan dan melihat perbandingan ilmu keperawatan di Indonesia dan Hungary," paparnya. 

 

 



Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

343

  • 95 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

428

  • 427 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir