ppid@riau.go.id (0761) 45505
Kisah Katmanto, 4 Tahun Jelang Pensiun Bersyukur Menerima SK PPPK dari Pj Gubri

Kisah Katmanto, 4 Tahun Jelang Pensiun Bersyukur Menerima SK PPPK dari Pj Gubri

  • PPID UTAMA
  • 23 July 2024
  • 20 View

KUANSING -  Perjalanan panjang seorang guru honor hingga menjadi ASN PPPK tidaklah semudah membalik telapak tangan. Seperti halnya, Katmanto sosok bapak berusia 56 tahun. Ia tak pernah menyangka perjalanannya sebagai tenaga pendidik yang dimulai dua dekade lalu akan membawanya pada momen penuh syukur seperti saat ini. 

Setelah mengabdi sejak tahun 2004, Katmanto akhirnya resmi menjadi Aparatur Sipil Negara  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK). Ia menerima SK dari Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto di SMA Negeri 1 Teluk Kuantan, Kuansing, Selasa (23/07/2024).

Katmanto mengisahkan, awal memulai karirnya sebagai guru dengan semangat yang membara. Meski dihadapkan pada berbagai tantangan, ia selalu memprioritaskan pendidikan kepada anak-anak didiknya. 

"Awal tahun 2004 itu saya sempat setahun menjadi pegawai tata usaha di sekolah. Kemudian, hati ini terpanggil untuk mengabdi sebagai guru agama. Meski hanya sebagai honorer, saya percaya bahwa pendidikan adalah fondasi untuk masa depan yang lebih baik," ujar Katmanto.

Dikatakan, bahwa ia saat ini merupakan guru pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Kuantan Mudik. Sebelumnya bertahun-tahun, Katmanto telah mengajar di SMAN 1 Logas Tanah Darat, Kuansing. 

Menurutnya, semua suka duka dalam dunia pendidikan telah dilaluinya dengan status kondisi sebagai tenaga honor. Namun, semua itu tidak mengurangi dedikasinya dalam mendidik generasi muda.

“Banyak sekali kenangan yang sudah saya lewati, dulu saya sempat mendaftar sebagai Guru K2 tetapi tidak lolos. Alhamdulillah, ternyata Allah punya jalan lain untuk saya dengan lolosnya sebagai guru PPPK,” katanya.

Dijelaskan, pengangkatan tersebut merupakan pengakuan prestasi atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini. Ia mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Pj Gubri SF Hariyanto, karena telah mempercepat proses penyerahan SK PPPK.

"Ini adalah momen yang sangat berharga dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak. Terkhusus Bapak Pj Gubernur Riau yang telah mempercepat proses pemberian SK PPPK,” ucap Katmanto dengan mata berbinar.

Dengan status barunya sebagai ASN PPPK, Katmanto berharap dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan. Ia memiliki cita-cita untuk membangun kualitas pendidikan di "Bumi Lancang Kuning" dan menginspirasi rekan-rekan sejawatnya. 

"Saya ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki kepada guru-guru muda. Kita harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi anak-anak kita," jelasnya.

Merespon hal itu, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, mengapresiasi pengabdian Katmanto sebagai guru yang diserahkan SK PPPK dengan status paling tua di daerah berjuluk “Kota Jalur”. Lebih lanjut, orang nomor satu di Riau itu, berpesan kepada semua guru yang telah sah mendapat amanah baru bisa dapat terus berinovasi untuk generasi penerus.

“Jadi saya mengucapkan terima kasih kepada bapak, teruslah mengabdilah untuk anak-anak kita. Kemudian, selamat kepada 148 orang PPPK tenaga guru lingkungan pemerintah provinsi Riau di Kabupaten Kuansing, alhamdulillah penantian bapak ibu semua menjadi kenyataan sebagai ASN PPPK," tandasnya.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

342

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

426

  • 425 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir