ppid@riau.go.id (0761) 45505
Launching SEHAT RSPB, Pj Sekdaprov Riau: Berinovasi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Launching SEHAT RSPB, Pj Sekdaprov Riau: Berinovasi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

  • PPID UTAMA
  • 19 July 2024
  • 17 View

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Indra secara resmi launching Sistem Elektronik Harmonisasi Aduan Terintegrasi RSUD Petala Bumi (SEHAT RSPB). Peresmian berlangsung di Aula Lantai II RSUD Petala Bumi Provinsi Riau, Jumat, (19/7/2024).

SEHAT RSPB adalah sebuah inovasi sistem elektronik harmonisasi aduan terintegrasi yang diterapkan di RSUD Petala Bumi, yang telah terbukti memberikan manfaat yang besar dalam mengaktualisasikan ketentuan Permenkes nomor 4 tahun 2018 tentang kewajiban rumah sakit dan kewajiban pasien dan Permenkes nomor 8 tahun 2023 tentang pengaduan di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Atas inovasi tersebut, Pj Sekdaprov Riau mengapresiasi dan mendukung sistem elektronik pelayanan yang digagas oleh Raja Jeihan Saputra (Kepala Bagian Tata Usaha) RSUD Petala Bumi Provinsi Riau dalam mengoptimalisasi layanan pengaduan.

"Pemerintah Provinsi Riau dengan bangga mengapresiasi dan mendukung sebuah gagasan inovatif untuk optimalisasi layanan pengaduan. Inovasi ini diharapkan dapat signifikan memangkas birokrasi yang selama ini menjadi tantangan dalam administrasi pelayanan publik," kata Indra.

"Salah satu capaian utama yang diharapkan adalah mengatasi masalah lamanya waktu penanganan pengaduan, yang sering kali menjadi penghambat dalam memberikan layanan yang cepat dan efisien kepada masyarakat," tambahnya.

Indra juga berharap sistem ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam penanganan keluhan, tetapi juga secara signifikan memperbaiki capaian indikator waktu tunggu keluhan sehingga mencapai tingkat maksimal.

"Dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Riau ini mencerminkan komitmen mereka untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik," pungkasnya

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau, Cahaya Purnama Sari berharap dengan adanya komplain dari masyarakat melalui SEHAT RSPB dapat menambah pembangunan layanan.

"Semoga sistem pengaduan yang terintegrasi langsung ke setiap pejabat struktural dapat diatasi dengan segera dan pelayanan di Rumah Sakit Petala Bumi bisa lebih baik," pungkasnya.

Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Raja Jeihan Saputra mengatakan bahwa bukti konkret keunggulan SEHAT RSPB dalam pelayanan kesehatan terlihat dari kemampuannya dalam menyediakan akses yang lebih cepat dan responsif terhadap keluhan pasien.

"Dengan integrasi yang baik antara sistem elektronik dan prosedur pelayanan, RSUD Petala Bumi telah berhasil menetapkan standar baru dalam pelayanan yang berkualitas dan efektif bagi masyarakat," pungkasnya.

Ia berharap dengan adanya langkah ini masyarakat akan mendapatkan respons yang lebih cepat dan lebih baik atas keluhan yang mereka sampaikan, serta membantu membangun citra pemerintah yang responsif dan proaktif dalam menanggapi kebutuhan warganya.

Saat Launching SEHAT RSPB Pj Sekdaprov Riau Indra didampingi Asisten I Setdaprov Riau Zulkifli Syukur, turut hadir Direktur RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Cahaya Purnama Sari, Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Raja Jeihan Saputra dan tamu undangan lainnya.



(Mediacenter Riau/sam)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

342

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

426

  • 425 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir