ppid@riau.go.id (0761) 45505
Rektor Umri Saidul Main Apresasi Pemprov Riau, Ini Alasannya

Rektor Umri Saidul Main Apresasi Pemprov Riau, Ini Alasannya

  • PPID UTAMA
  • 17 July 2024
  • 8 View

PEKANBARU - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Saidul Amin mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemprov Riau karena telah membantu pembangunan Umri dan terus mendukung kegiatan Umri. Apresiasi tersebut ia sampaikan saat acara menyambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di Kampus Utama Umri, Pekanbaru, Riau, pada Rabu (17/7). 

Dijelaskan Rektor Umri, bahwa beberapa minggu yang lalu, pihaknya telah berjumpa dengan Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto. Lalu, disampaikan bahwa Umri  perlu alat digital anatomi. 

"Jika, Umri punya [alat digital anatomi], maka Umri menjadi fakultas kedokteran pertama di Riau yang memiliki alat itu. Hal ini, sudah diusulkan di Rencana Anggaran Biaya dan insyallah akan dikawal sampai tuntas. Kemudian, Umri juga dapat satu ambulan dari Pak Gubernur. Alhamdulillah," ucap ujar Saidul Amin.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa saat ini Umri memiliki 29 Program Studi (Prodi) serta adanya fakultas kedokteran dan sekolah Pascasarjana. Di mana Umri juga telah meresmikan gerbang perdaban, gedung rusunawa dan gedung tajdid center.

"Ketiga bangunan yang sudah diresmikan ini menelan biaya kurang lebih Rp40 Miliar. Di mana [biaya pembangunan] tidak memakai dana SPP ataupun meminjam kepada Bank, melainkan usaha kita sendiri yakni wakaf. Sebab dengan wakaf ada banyak hal yang diberikan. Insyaallah setelah ini akan dibangun gedung 9 lantai. Bangunan ini diberi nama Gedung Mahmud Marzuki Tower, membutuhkan dana sekitar Rp60 Miliar," sebutnya.

Di tempat yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Zulkifli Syukur berujar, bahwa sejarah telah mencatat, persyarikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim.

"Muhammadiyah dengan inspirasi dari Alquran surat Ali Imran ayat 4 yang mengajak pada kesadaran iman dalam bingkai tauhid semata bukan sekedar Islam yang murni tetapi tidak gila terhadap kehidupan," kata Zulkifli.

Sementara, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Anwar Abbas mengatakan, penguatan ekonomi persyarikatan, terutama di daerah, cabang, sampai Ranting agar dakwah persyarikatan tidak bergantung dan, bisa bergerak secara luwes.

"Umri bisa seperti ini, karena Umri melaksanakan perintah agama, salah satu adalah silaturahim. Barang siapa yang ingin di lapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya dengan tali menyambung silaturahim," ujarnya.

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai negara besar yang berpotensi menjadi negara maju harus siap menghadapi perubahan peradaban yang akan datang. Umat Islam, sebagai mayoritas penduduk, harus aktif dalam membangun peradaban dunia ke depan.

Sebab menurut Abbas, persatuan antara Muhammadiyah dan NU harus dijaga, karena kedua organisasi ini memiliki peran penting bagi bangsa Indonesia. Abbas mendorong kedua organisasi ini untuk membeli produk dari umat Islam terlebih dahulu, sebelum mencari di tempat lain, serta membangun pabrik dan jasa yang diperlukan oleh umat Islam dan umat manusia pada umumnya.

Ekonomi umat Islam harus diperbaiki, karena menurut hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Abu Na’im menyebutkan bahwa kemiskinan itu dekat kepada kekufuran. "Oleh karena itu harus diberi skill dan mentality, yaitu enterpreneurship mentality atau intrapreneurship mentality," kata Anwar.

Ketua Pimpinan PP Muhammadiyah membedakan, intrapreneurship mentality adalah sikap seorang yang memiliki semangat usaha namun tidak mau mendirikan perusahaan atau bisnis. 

Sementara, enterpreneurship mentality adalah mental seorang yang memiliki semangat wirausaha dan mau mendirikan perusahaan atau bisnis sendiri. Kepada generasi muda muslim, dia mengajak supaya untuk berhijrah dari employing mentality ke enterpreneur mentality. 



(Mediacenter Riau/nb)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

341

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 66 Sedang Proses

Member PPID

425

  • 424 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir