ppid@riau.go.id (0761) 45505

Bincang Literasi UMRI Jilid 15, Diikuti 150 Peserta dari Perguruan Tinggi Indonesia

  • PPID UTAMA
  • 08 July 2024
  • 229 View

Pekanbaru  –Lebih dari 150 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia mengikuti bincang literasi dengan tema "Smart PLS For Beginners" jilid 14 yang digelar oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Senin (8/7/2024).

Kepala UPT Perpustakaan UMRI Dwi Hastuti SE MM Ak mengatakan bahwa, banyaknya jumlah peserta pada kegiatan bincang literasi kali ini sudah sesuai dengan harapannya, terlebih lagi topik mengenai penggunaan Smart PLS sangat dibutuhkan dalam penelitian.

Menurutnya lagi, saat ini dunia pendidikan sedang giat-giatnya mengejar jumlah publikasi jurnal, namun selama ini hanya terbatas pada penggunaan SPSS untuk proses pengolahan data dan tidak familiar terhadap aplikasi Smart PLS.

“Kegiatan ini cara kita memperkenalkan bahwa selain ada SPSS kita juga punya aplikasi PLS untuk memperbaiki riset kita, oleh sebab itu kegiatan ini juga ditargetkan tidak hanya untuk mahasiswa tapi juga kepada dosen-dosen yang sudah familiar dengan aplikasi ini,” sebutnya.

Ia menjelaskan terkait pemilihan narasumber, dosen prodi Manajemen ini memilih Hasna L. Lidasan PhD menyampaikan materi pelatihan karena beberapa hal.

“Beliau pernah membuat tools PLS dan beliau juga bekerja bersama orang orang yang expert dalam penggunaan PLS, seperti menjadi salah pengelola dari training penggunaan PLS di Malaysia jadi sudah terbiasa menggunakan PLS,” ujar Dwi.

Terkait bincang literasi jilid selanjutnya, Dwi mengatakan bahwa kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin dan andalan UPT Perpustakaan yang akan terus dilaksanakan setiap bulannya. Pemilihan topik pun dipilih dengan seksama sehingga akan membawa manfaat yang baik bagi seluruh pesertanya.

“Di bulan Juli dan Agustus kita akan mengundang dosen dari negeri jiran Malaysia Kelantan untuk membahas Bibliometric, dan di bulan Agustus kita akan mengundang dosen dari Malaysia Perlis untuk kuliah metodologi,” jelasnya.

Dwi pun berharap bahwa program unggulan ini bisa senantiasa ditingkatkan melalui pemilihan topik yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Berbeda dengan kegiatan bincang literasi sebelumnya yang dilaksanakan di lingkungan kampus Umri, kegiatan kali ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Hal ini tak lain karena UPT Perpustakaan Umri mengundang Director of Halal Research dan Development Faculty, College of Islamic Studies dari Cotabato State University Filipina, Hasna L Lidasan PhD.

Ia juga berharap kedepannya bisa terus berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi antar negara guna menyempurnakan kegiatan ini dalam wujud Internasionalisasi Universitas Muhammadiyah Riau kedepannyayang hadir dari berbagai latar belakang profesi seperti dosen, pustakawan, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

 

 



Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Ir. MUHAMMAD TAUFIQ OESMAN HAMID, MT

Plh. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

671

  • 275 Tersedia Setiap Saat
  • 344 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 8 Dikecualikan

Permohonan Informasi

357

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 75 Sedang Proses

Member PPID

446

  • 445 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store