ppid@riau.go.id (0761) 45505
Melalui Duta Mangrove, Cara SMAN 9 Pekanbaru Melestarikan Lingkungan

Melalui Duta Mangrove, Cara SMAN 9 Pekanbaru Melestarikan Lingkungan

  • PPID UTAMA
  • 13 June 2024
  • 161 View

Pekanbaru - SMAN 9 Pekanbaru menggelar pemilihan duta mangrove. Acara ini merupakan bagian dari program Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Sebanyak 10 siswa siswi lolos seleksi pemilihan duta mangrove. 

Acara pemilihan duta mangrove digelar di halaman SMAN 9 Pekanbaru, Kamis (13/6). Kegiatan tersebut, mengusung tema "Lestari Mangrove Masyarakat Bahagia". Tema tersebut sesuai dengan kondisi eksisting mangrove di Riau.

Melansir data Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, luas eksisting mangrove di Provinsi Riau pada 2021 tercatat mencapai 224.895 hektar. Sedangkan, untuk potensi rehabilitasinya mencapai 12.207 hektar.

Ekosistem mangrove di Riau berada di Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti. Kemudian, di Kota Dumai, Pelalawan, Rokan Hilir (Rohil), dan Siak.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Roni Rakhmat SSTP, MSi memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 9 Pekanbaru yang telah melaksanakan kegiatan tersebut. Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyambut baik dan terus memberikan dukungan yang penuh kepada satuan-satuan pendidikan di Provinsi Riau

Dijelaskan Roni, P5 untuk meningkatkan kesadaran siswa dan siswi mengenai Pancasila sebagai dasar negara dan budaya bangsa Indonesia. Satu di antaranya fokus tema dalam P5 adalah "Gaya Hidup Berkelanjutan".

"Tenaga pendidik akan mengajak siswa dan siswi untuk memahami pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan," kata Roni saat memberikan keterangan pers, pada Kamis (13/6) siang.

Dikatakan dia, menerapkan gaya hidup berkelanjutan bisa  memberikan manfaat yang positif bagi lingkungan dan kualitas hidup manusia. Dengan mengurangi penggunaan plastik, menghemat energi, dan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, siswa dan siswi dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

"Selain itu, gaya hidup berkelanjutan juga meningkatkan kualitas hidup siswa dan siswi melalui kebiasaan-kebiasaan sehat seperti mengonsumsi makanan organik dan melakukan penghijauan," sebutnya.

Ia menjelaskan, dengan P5 dapat menggali potensi siswa dalam memanfaatkan seluruh sumber daya dalam diri dan lingkungan. "Diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat menginspirasi siswa dan siswi untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik dalam menjalani gaya hidup berkelanjutan," ucapnya.

Dalam progam Merdeka Belajar, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan dan Dinas LHK telah bekerja sama dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM). Kemudian membentuk tim terintergrasi untuk pengembangan modul dari guru.

Kepala Sekolah SMAN 9 Pekanbaru, Dra Darmina MPd mengatakan, kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas. Kondisi ini sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

"Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Di mana konten pembelajaran akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi," katanya.



(Mediacenter Riau/MC Riau)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

342

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

427

  • 426 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir