ppid@riau.go.id (0761) 45505
Pemerintah Komitmen Jadikan Ekonomi Syariah Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Pemerintah Komitmen Jadikan Ekonomi Syariah Arus Baru Pertumbuhan Ekonomi Nasional

  • PPID UTAMA
  • 30 May 2024
  • 132 View

ACEH - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan bahwa komitmen pemerintah untuk menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru pertumbuhan ekonomi nasional terus diperkuat. 

Dia menerangkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembentukan Komisi Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang akan mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah di tingkat daerah. 

"Saya harap KDEKS dapat terus meningkatkan kolaborasi dan kerjasama dengan bank syariah lainnya guna memperkuat energi dan peningkatan kualitas pembiayaan," katanya, dalam kegiatan peresmian green building BSI Aceh yang disiarkan melalui YouTube Wakil Presiden, Kamis (30/5/24). 

Pada kesempatan tersebut, Ma'ruf Amin juga menyampaikan beberapa arahan kepada sektor industri pengembangan ekonomi syariah, agar sistem ekonomi dan keungan syariah ini terus diperkuat. 

Wapres RI ini menginginkan agar industri perbankan syariah dapat terus memperluas jangkauan dan perkuat layanan perbankan syariah. 

Mendorong ekspansi dan peningkatan kualitas layanan perbankan syariah sehingga industri perbankan syariah lebih kompetitif dan berdaya saing.

"Optimalkan dan intensifkan penyaluran KUR agar menjangkau lebih banyak pelaku UMKM produktif di berbagai daerah sehingga mendorong penciptaan lapangan kerja," ucapnya. 

Kemudian, Wapres RI ini juga meminta agar dapat memperkuat lembaga-lembaga seperti Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)  atau lembaga-lembaga keuangan mikro syariah yang diyakini efektif menjangkau masyarakat yang belum terlayani. 

Hal tersebut sebagai upaya untuk mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan. 

"Tingkatkan aksesibilitas layanan perbankan salah satunya dengan memperluas jaringan ATM hingga ke daerah-daerah," ucapnya. 

Selanjutnya, Wapres RI tersebut menginginkan agar kualitas dan kapasitas sumber daya manusia perbankan syariah terus dikembangkan. Sehingga, program pengembangan SDM perbankan syariah ini harus menjadi prioritas, mengingat tingginya kebutuhan SDM di sektor ini. 

Sebab terangnya, ketersediaan tenaga kerja yang kompeten dan berintegritas tinggi akan mendukung pertumbuhan dan daya saing industri perbankan syariah

"Pengembangan kompetensi juga harus mencakup penguasaan teknologi informasi di sektor perbankan syariah," ungkapnya. 

Terakhir, Ma'ruf Amin menginginkan agar dapat meningkatkan literasi inklusi dan digitalisasi keuangan syariah. Meningkatkan sinergi dan kolaborasi multi pihak secara berkesinambungan dalam peningkatan literasi masyarakat. 

Serta memperluas edukasi keuangan syariah mulai dari tingkat sekolah, pesantren, uiversitas, bahkan hingga sampai ke komunitas masyarakat. 

"Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat, digitalisasi menjadi hal yang tidak bisa ditunda. Untuk itu industri perbankan syariah harus siap dengan infrastruktur digital yang andal dengan tingkat keamanan yang tinggi," tutupnya.



(Mediacenter Riau/ip)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

342

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

427

  • 426 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir