ppid@riau.go.id (0761) 45505
GovTech INA Digital Diharapkan Berdampak Nyata Bagi Masyarakat

GovTech INA Digital Diharapkan Berdampak Nyata Bagi Masyarakat

  • PPID UTAMA
  • 27 May 2024
  • 180 View

JAKARTA - Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas selaku Ketua Tim Koordinasi SPBE Nasional mengharapkan kehadiran program GovTech INA Digital yang baru saja diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo berdampak sekaligus bermanfaat nyata bagi masyarakat luas. 

Tidak hanya itu, dia juga menginginkan agar adanya platform layanan terpadu INA Digital tersebut berperan penting dalam mendukung pencapaian pembangunan nasional. 

Hal tersebut disampaikan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam kegiatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia yang diselenggarakan di Istana Negara dan disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (27/5/24). 

"Semoga program ini dapat berdampak dan bermanfaat nyata bagi masyarakat luas dan berperan penting dalam mendukung pencapaian pembangunan nasional," harapnya. 

Menpan RB juga meminta arahan dari semua pihak agar terus dilakukan terobosan baru untuk semakin mengoptimalkan transformasi layanan digital pemerintah Indonesia.

Terang dia, langkah strategi selanjutnya meliputi penguatan GovTech Indonesia secara berkelanjutan memperkuat tata kelola kelembagaan terkait dengan koordinasi transformasi digital.

"Selain itu kami juga berharap keberlanjutan program ini terus diperkuat sebagai mana arahan Presiden untuk kedepan bisa menjadi bagian proyek strategis nasional digital," katanya. 

Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, Indonesia saat ini berada di persimpangan yang krusial dalam transformasi digital pemerintah. 

Menpam RB menerangkan, setelah berbagai upaya yang dilakukan selama 20 tahun terakhir, Indonesia berkesempatan untuk mengambil keputusan penting yang akan berpengaruh ke kehidupan bangsa dalam dekade yang akan datang. 

Dia menyebutkan, dengan pembentukan GovTech Indonesia dan fokus dalam pengembangan sistem-sistem strategis seperti digital publik, maka Indonesia dapat meloncat jauh dalam pencapaian pembangunan digital. 

Kemudian lanjutnya, studi di berbagai negara menunjukkan bahwa hampir semua negara yang menduduki peringkat teratas dalam United Nations (UN) E-Government memiliki GovTech nasional yang menjadi motor bagi kemajuan digital. 

Hal ini menunjukkan bahwa adanya GovTech nasional juga penting untuk akselerasi transformasi digital indonesia

"INA Digital yang akan menjadi motor peningkatan kapabilitas digital pemerintahan dengan memanfaatkan talenta digital terbaik bangsa. Dengan demikian GovTech Indonesia bukan sebuah platform atau aplikasi, melainkan penyelenggaraan keterpaduan ekosistem layanan digital pemerintah," ujarnya. 

Menpan RB itu melanjutkan, sebagaimana arahan Presiden yang terus mengingatkan bahwa tantangan ke depan akan kompleks, maka Presiden berharap agar layanan di Indonesia semakin cepat, mudah dan transparan.

Sehingga ke depan masyarakat hanya perlu satu login dan mengisi data untuk dapat mengakses berbagai layanan dalam satu portal dengan data pribadi yang aman dan tanpa perlu menggunakan fotocopy KTP.

"Satu portal terpadu ini berbasis pada kebutuhan masyarakat bukan berdasarkan sekat birokrasi per instansi," tutupnya.



(Mediacenter Riau/ip)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

342

  • 94 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 67 Sedang Proses

Member PPID

427

  • 426 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir