ppid@riau.go.id (0761) 45505
Pj Gubri : GTD Bisnis dan HAM dapat menjadi perlindungan di dunia usaha

Pj Gubri : GTD Bisnis dan HAM dapat menjadi perlindungan di dunia usaha

  • PPID UTAMA
  • 29 April 2024
  • 58 View

Pekanbaru - Dalam mendukung perlindungan hak asasi manusia pada sektor dunia usaha. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan pengukuhan gugus tugas daerah (GTD) Bisnis dan HAM sebagai langkah strategis untuk memastikan bahwa bisnis dan investasi di Riau beroperasi dengan memperhatikan prinsip-prinsip HAM.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto, mengatakan GTD Bisnis dan HAM akan bertugas untuk memantau, mengkaji, dan memberikan rekomendasi terkait dampak bisnis terhadap hak asasi manusia di Riau. Ia menambahkan, Pemerintah wajib memenuhi mandat undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 yaitu kewajiban melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, serta kemajuan HAM bagi kewajiban setiap orang. 

“Oleh karena itu tujuan jangka panjang adalah meningkatkan daya saing sektor bisnis Indonesia yang ramah HAM sehingga menjadi daya tarik bagi investor dan konsumen global,” katanya di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (29/04/2024).

Dijelaskan, berkaitan dengan mandat undang-undang tersebut sudah menjadi kewajiban Pemerintah Republik Indonesia bahwa negara harus hadir dan serius dalam melaksanakan tugas kewajibannya di bidang hak asasi manusia. Dengan begitu, berbagai upaya dan program yang telah dilaksanakan, pemerintah Republik Indonesia bahkan sudah diakui dan diapresiasi oleh warga dunia pada forum internasional.

“Pemerintah Indonesia telah memiliki regulasi dalam bisnis dan HAM dengan  Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2023 tentang strategi nasional bisnis dan HAM yang sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga Asia Tenggara yang memiliki rencana aksi terkait bisnis dan HAM,” jelasnya.

Diungkapkan, pemerintah telah menginisiasi suatu penilaian risiko yang disebut penilaian risiko bisnis dan HAM bagi dunia usaha. Dengan tujuan agar perusahaan dapat melakukan terkait potensi pelanggaran HAM yang dimilikinya dalam lingkup usaha.

“Pemerintah juga berkomitmen untuk dalam menyukseskan pemilu serentak dengan mewujudkan pemilu ramah HAM yaitu dengan memperhatikan hak dari kelompok rentan dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan dengan kolaborasi yang kokoh serta semangat untuk mewujudkan masyarakat kearah lebih inklusif adil dan berperikemanusiaan, tentunya semakin berkobar GTD Bisnis dan HAM ini menjalankan tugasnya. Sehingga dirinya berpesan mari dilanjutkan perjalanan ini dengan tekad bulat, kerja sama erat, dan komitmen yang tidak berkurang untuk cepat mencapai tujuan bersama.

“Terima kasih atas partisipasi serta dukungan yang telah diberikan, bersama ini kita mampu mewujudkan perubahan positif untuk masa depan yang lebih baik bagi semua. Dengan menegaskan komitmen harapan dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat, mari bangun semangat untuk melanjutkan kerjasama yang telah dibentuk demi kemajuan hak asasi manusia yang lebih baik di Provinsi Riau.” pungkasnya.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir