ppid@riau.go.id (0761) 45505
Sekdaprov Riau Hadiri Acara Penyerahan LHP Oleh BPK Perwakilan Riau

Sekdaprov Riau Hadiri Acara Penyerahan LHP Oleh BPK Perwakilan Riau

  • PPID UTAMA
  • 18 December 2020
  • 296 View

PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya menghadiri acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan kinerja dan laporan hasil pemeriksaan (LHP) dengan tujuan tertentu semester II Tahun 2020 pada Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Provinsi Riau oleh Badan Pengawas Keuangan Perwakilan Riau.

Sebelum penyerahan LHP tersebut, dilakukan proses penandatanganan berita acara dari pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau oleh Sekdaprov Riau, Ketua Perwakilan BPK Provinsi Riau Widhi Widayat, dan Pimpinan DPRD Provinsi Riau, Hardianto. Dilakukan secara bergantian perwakilan dari pihak Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan BUMD yaitu Bank Riau Kepri dan PT Bumi Siak Pusako.

Ketua Perwakilan BPK Provinsi Riau, Widhi Widayat dalam sambutannya menyampaikan LHP yang diserahkan hari ini ada empat diantaranya, pertama, pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan Tahun Anggaran 2019 sampai dengan semester I 2020 pada Pemprov Riau dan instansi terkait lainnya.

"Kemudian, pengelolaan SPBE dalam penyelenggaraan administrasi pemerintahan Tahun Anggaran 2019 sampai dengan semester 1 2020 pada Pemerintah Kota Pekanbaru dan instansi terkait lainnya," katanya di Auditorium Lantai Dua Kantor BPK Riau, Kamis (17/12/2020).

Ketiga, efektivitas pengelolaan bank pada PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri dan instansi terkait lainnya untuk tahun buku 2018 sampai dengan triwulan 3 tahun 2020. Dan keempat adalah pemeriksaan kepatuhan atas pengelolaan kegiatan operasional BUMD migas pada PT bumi Siak Pusako tahun 2018 sampai dengan semester I Tahun 2020.

"Hal-hal yang diperiksa, pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK ditemukan permasalahan," sebutnya.

Widhi melanjutkan, salah satu permasalahan diantaranya pemeriksaan terkait pengelolaan SPBE yaitu ditemukannya bahwa regulasi dan kebijakan dalam rangka pengembangan dan percepatan penerapan SPBE belum memadai.

"Penerapan SPBE belum didukung pertimbangan kelayakan koperasi dari Kementerian Kominfo dan kelayakan keamanan dari Badan Sandi Negara atas jaringan intra pemerintah," lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan perencanaan pengembangan dan pemanfaatan aplikasi untuk mendukung penerapan SPBE belum dilakukan secara komprehensif. Dan penyelenggaraan monitoring dan evaluasi dalam pengembangan dan penerapan SPBE belum dilakukan secara memadai.

Oleh karena itu, ia berharap terkait rekomendasi yang tertera dalam LHP tersebut untuk dapat ditindaklanjuti. Sehingga perihal yang sampaikan di dalam LHP menjadi bahan untuk perbaikan kedepan agar pengelolaan keuangan daerah dan khususnya pada BUMD ini menjadi semakin baik, transparan dan akuntabel.

Turut hadir dalam acara tersebut Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru, Wali Kota Pekanbaru, Pimpinan DPRD Kabupaten Siak, Bupati Siak, Direktur Utama PT Bank Riau Kepri dan Direktur Utama PT Bumi Siak Pusako. (MCR/DW)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir