ppid@riau.go.id (0761) 45505
Pemprov Riau Gesa Pembangunan di Rokan IV Koto, Warga Bilang Begini

Pemprov Riau Gesa Pembangunan di Rokan IV Koto, Warga Bilang Begini

  • PPID UTAMA
  • 19 March 2023
  • 181 View

ROHUL - Warga Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bernama Rosidik Husin, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Gubernur Riau (Gubri) dan jajarannya lantaran telah menunjukkan komitmen melaksanakan pembangunan. 

Rosidik mengaku, komitmen  Pemprov Riau sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat di tempat ia tinggal. Dijelaskan, hal itu terbukti dengan adanya pembangunan jembatan di ruas jalan Rokan-Pendalian-Dusun Batas dan jembatan pada ruas jalan Ujung Batu Rokan-Batas Sumatera Barat (Sumbar). 

"Artinya, Pemprov Riau satu visi dengan masyarakat, yaitu untuk memajukan Kecamatan Rokan IV Koto," ucap Rosidik saat peresmian Jembatan Sei Palis dan Sei Kubu, Sabtu, (19/3/2023).

Menurut dia, program pembangunan yang telah dilakukan Pemprov Riau mampu memperlancar distribusi kebutuhan logistik, mobilitas barang, serta mobilitas orang antarwilayah.

Lebih lanjut dikatakan, kemudahan akses sangat dirasakan dan berpengaruh pada harga bahan pokok dapat ditebus dengan uang rupiah yang lebih murah.

"Dulu harga pangan di sini agak cukup mahal, tapi setelah ada kemudahan akses dari Sumbar untuk sampai ke sini, harganya sudah murah, contohnya seperti harga sayur-sayuran, cabai, dan kelapa," 

Lalu katakan dia, bahwa saat ini sudah banyak infrastruktur yang direalisasikan di Rokan IV Koto, yakni pembangunan jembatan, jalan, dan sekolah.

"Gubernur Syamsuar juga sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMAN 3 Rokan IV Koto dan melakukan peninjauan ke SMKN 1 Rokan IV Koto. Ini untuk memenuhi kebutuhan sekolah yang baru saja dibangun itu," ucap Rosidik. 

Disampaikan, masyarakat setempat berharap dengan pembangunan yang dilakukan oleh Pemprov Riau tentunya dapat meningkatkan taraf kehidupan warna yang berasa di dusun-dusun.

"Pembangunan ini sudah disaksikan oleh masyarakat dan kami langsung rasakan sendiri. Tentunya ribuan terima kasih yang kami ucapkan oleh Pak Gubernur Syamsuar dan jajarannya," tutupnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Jembatan Sei Palis pada ruas jalan Rokan-Pendalian-Dusun Batas, dan Jembatan Sei Kubu pada ruas jalan Ujung Batu Rokan-Batas Sumatera Barat, pada Sabtu, (18/3/2023). 

Kedua ruas ini merupakan jalan utama penghubung kabupaten di Riau dengan Sumatra Barat sehingga dapat memperlancar distribusi kebutuhan logistik, mobilitas barang, serta mobilitas orang antarwilayah. 

Gubri Syamsuar katakan, peresmian jembatan ini menjadi hal yang ditunggu-tunggu masyarakat Rokan IV koto guna memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Disampaikan tadi oleh tokoh masyarakat, sekarang sudah ada tiga travel ataupun bis yang masuk ke wilayah Rokan IV koto setiap harinya, hal ini tentunya sangat membantu warga sekitar baik dari segi adanya dukungan barang-barang yang dibutuhkan masyarakat," ucap Gubri Syamsuar.

Dijelaskan dia, bahwa pembangunan infrastruktur ini juga memberikan dampak pada penurunan harga barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat karena telah adanya kemudahan akses.

"Dilaporkan tadi kepada saya, dengan pembangunan infrastruktur ini, terjadi penurunan harga yang biasanya didapatkan dengan harga yang lebih tinggi, seperti cabai, beras," jelasnya.

"Inilah gunanya infrastruktur ini selalu dibenahi dan dibangun, agar memberikan kemudahan kepada masyarakat," imbuhnya.

Pembangunan jembatan Sei Kubu pada ruas jalan Ujung Batu Rokan-Batas Sumatera Barat memiliki nilai kontrak atau addendum senilai Rp 11,6 Miliar. Panjang bentang jembatan ini 30 meter, lebar 9 meter, panjang oprit, 240 meter. 

Lalu, untuk Jembatan Sei Palis pada ruas jalan Rokan-Pendalian-Dusun Batas memiliki nilai kontrak Rp7,3 Miliar. Panjang bentang jembatan 22 meter, lebar 9 meter, panjang oprit 250 meter. 



(Mediacenter Riau/Alw)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir