ppid@riau.go.id (0761) 45505
Wagub Riau Sambut Bulan Suci Ramadan Bersama Jemaah Masjid Nurul Yaqin

Wagub Riau Sambut Bulan Suci Ramadan Bersama Jemaah Masjid Nurul Yaqin

  • PPID UTAMA
  • 19 March 2023
  • 131 View

PEKANBARU - Umat Muslim di seluruh dunia saat ini sangat antusias dalam menanti-nanti kehadiran bulan suci ramadan 1444 hijiriyah. Termasuk Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution.

Menjelang puasa tahun ini, Wagubri Edy Natar menyambut ramadan bersama Tim Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau. Pada pelaksanaan GSBB ke-133 ini, Wagubri berdakwah di Masjid Nurul Yaqin, Jalan Hangtuah Ujung, Pekanbaru, Riau pada Minggu (19/03/2023).

Rasa senang bercampur bangga saat Wagubri Edy  mengungkapkan, bahwa masjid tersebut merupakan tempat dia sering melaksanakan salat berjamaah. Sebab masjid tersebut dekat dari tempat tinggalnya.

“Saya terus terang gugup untuk memberikan tausiyah di depan ini. Karena biasanya saya yang menjadi jemaahnya. Tapi satu sisi alhamdulillah subuh berbahagia ini kita bisa berkumpul bersama-sama dengan rombongan GSSB Riau sekaligus momentum ini bertepatan akan menyambut bulan suci ramadan,” ungkapnya.

Mantan Danrem Wira Bima ini, menjelaskan Program GSSB merupakan bentuk dakwah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang bertujuan sebagai wadah silahturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah, serta mengajak umat untuk meramaikan masjid.

“Alhamdulillah gerakan solat subuh berjamaah ini telah berjalan ke 113 kali. Tandanya juga sudah sebanyak 113 kali kami keluar masuk masjid untuk berdakwah keliling Provinsi Riau. Gerakan ini sudah ada sejak lama. Tetapi karena ada pandemi covid makanya sempat terhenti, sekarang ini kami menggerakkan kembali,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini minat masyarakat yang ada di Provinsi Riau untuk melaksanakan salat subuh berjamaah semakin dirasakan. Hal itu terbukti di berbagai tempat masih banyak yang menunggu kehadiran GSSB Riau dalam subuh berjemaah.

“Untuk di datangi rombongan GSSB ini masjid-masjid harus mengantri dahulu. Sekarang saja ada sekitar 30an masjid yang menunggu kehadiran gerakan ini. Tentu apa yang kita lakukan ini semata-mata gerakan untuk berdakwah untuk mengajak umat mendapatkan keberkahan dari Allah. Dan sekaligus juga menjadi tanggung jawab saya sebagai pemimpin,” terangnya.

Dia menuturkan, setiap pemimpin pasti akan mempunyai pertanggung jawabannya. Bahkan para jamaah semua yang ada di sini adalah pemimpin sesuai dengan levelnya. Oleh karena itulah dakwah ini juga bagian yang harus dilakukan meskipun dengan porsi yang berbeda, kalau ustad berdakwah dengan tausiyahnya kalau dirinya selaku pejabat hari ini dengan kehadirannya.

“Karena faktanya ketika di hubungkan minggu depan itu akan ada Wakil Gubernur datang ke masjid tersebut, Insya Allah ada juga yang datang karena memang menunggu kehadiran saya. Artinya kehadiran saya di tempat itu merupakan bagian dari dakwah,” tuturnya.

Sementara itu, seorang remaja bernama Adrian (20) yang tinggal di jalan Gunung Raya Hangtuah Ujung, mengaku senang saat mendengarkan tausiyah dari Wakil Gubernur Edy Natar. 

Karena menurutnya, hal yang disampaikan oleh seorang pemimpin tersebut sangat singkat, padat, dan mudah dimengerti. Sehingga, dirinya bersama kawan-kawan kagum dengan sosok Mantan Danrem Wira Bima/031 itu.

“Bapak Wagub memang sering saya lihat salat berjamaah di sini. Bahkan bapak itu ramah dengan kami semua. Jujur aja saat mendengarkan pak Wagub berceramah seperti tadi saya dan teman-teman ini kagum memperhatikannya, dan kami menilai bapak ini sudah sama seperti ustad di TV.” pungkas adrian.

Lebih lanjut, setelah menyampaikan dakwah Wakil Gubernur Edy Natar beserta Rombongan GSSB Riau dan para jemaah Masjid Nurul Yaqin melakukan foto bersama hingga ditutup dengan menyantap hidangan yang telah disajikan. 



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir