ppid@riau.go.id (0761) 45505
Wagubri Harap Umat Muslim Manfaatkan Bulan Ramadan dengan Sebaik-baiknya

Wagubri Harap Umat Muslim Manfaatkan Bulan Ramadan dengan Sebaik-baiknya

  • PPID UTAMA
  • 18 March 2023
  • 146 View

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution konsisten melakukan syiar agama Islam melalui kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjama'ah (GSSB) Provinsi Riau.

Gerakan subuh berjamaah tersebut telah di selenggarakan sebanyak 112 kali di sejumlah kabupaten/kota di Bumi Lancang Kuning. Pada Sabtu (18/03/2023) ini, GSSB berlokasi di Masjid Al Muhsinin, Jalan Ramin, Tangkerang Utara, Pekanbaru, Riau. 

Program GSSB yang merupakan bentuk dakwah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ini bertujuan sebagai wadah silahturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah, serta mengajak umat untuk meramaikan masjid.

Wagubri Edy Natar mengatakan dalam beberapa hari lagi umat muslim yang ada di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci ramadan. Dengan begitu, dirinya pastikan sudah banyak orang-orang yang meminta kepada Allah agar di berikan keberkahan umur supaya bertemu dengan bulan puasa.

“Lima hari dari sekarang, kita akan menghadapi bulan suci ramadan. Bulan ini sangat di tunggu-tunggu oleh jutaan umat seluruh dunia. Bahkan berapa banyak orang yang meminta di panjangkan umur agar bisa bertemu hingga bulan ramadan,tetapi kita tidak bisa memastikannya,” katanya. 

Wakil Gubernur Edy menjelaskan, para jemaah termasuk orang beruntung bisa berkumpul pada gerakan subuh ini. Harus jauh lebih bersyukurlah masih diberikan kesempatan untuk melangkahkan kaki ke masjid. Karena banyak dalam beberapa hari yang lalu dirinya terus saja menerima kabar meninggal dunia dari orang-orang terdekat. 

“Jadi artinya ini peringatan bagi kita, sebab rasul telah mengingatkan kepada kita bahwa umur kita ini sangat singkat. Kita pun tidak bisa memastikan dipanjangkan umur dapat bertemu dengan bulan ramadan, tapi apabila kita bertemu pada bulan ramadan apakah cukup sampai disitu saja? ini lah yang harusnya kita pahami dengan baik, kita harus memanfaatkannya,” jelasnya.

Mantan Danrem Wira Bima ini mengungkapkan, bahwa dirinya sering sekali mengamalkan surat Al-Hasyr Ayat 18 yang isinya, ‘wahai orang-orang yang beriman. Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.’

“Artinya itu Allah itu memberikan peringatan bagi kita, bahwa dunia itu bukan kampung kita. Kampung kita yang sesungguhnya itu adalah surga, jadi kita pasti akan kembali dan bertemu di hari akhir. Makanya kalau kita diberikan kesempatan oleh Allah bertemu dengan bulan ramadan maka manfaatkanlah sebaik-baiknya.” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menuturkan bahwa gerakan salat subuh berjamaah tersebut merupakan program yang sudah ada dari dulu. Di mana pada saat itu di resmikan secara langsung oleh Gubernur Riau dan jajaran Forkopimda.

Tetapi dengan adanya Pandemi COVID-19, kegiatan tersebut dihentikan sementara. Karena waktu itu masyarakat harus bisa memahami kondisi yang ada dan muncul anjuran dari Pemerintah untuk menjaga kesehatan.

“Gerakan sholat subuh ini sudah ada sejak lama. Tetapi karena ada pandemi covid makanya kegiatan itu berhenti, makanya sekarang ini kami menggerakkan kembali. Karna yang membuat kebijakan umat jangan masuk masjid itu kemarin pemerintah, maka saya yang dari bagian pemerintah inilah mengajak untuk meramaikannya lagi,” tuturnya.

“Sebab apa yang di lakukan ini merupakan pertanggung jawaban saya sebagai pemimpin. Saya ajak bersama-sama ulama, para ustad, tokoh masyarakat, untuk mengajak umat masuk masjid. Apalagi sebentar lagi mau menghadapi ramadan, maka lakukanlah sebaik-baiknya yang Allah perintahkan dan jauhkan larangannya.” pungkasnya.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir