ppid@riau.go.id (0761) 45505
Ketua Dewan Otoritas OJK Ajak Semua Pihak Tidak Ragu Terhadap Penguatan Perekonomian

Ketua Dewan Otoritas OJK Ajak Semua Pihak Tidak Ragu Terhadap Penguatan Perekonomian

  • PPID UTAMA
  • 06 February 2023
  • 215 View

JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengajak semua pihak untuk tidak ragu-ragu terhadap penguatan perekonomian stabilitas keuangan, serta perbaikan iklim dan kesempatan investasi di Indonesia. Baik itu investasi langsung maupun investasi portofolio dalam dan luar negeri akan terus meningkat

Mahendra Siregar menerangkan, tingginya optimisme terhadap prospek perekonomian nasional tercermin dari perkembangan pasar modal yang mencatatkan penambahan 71 emiten baru tahun lalu tertinggi sepanjang sejarah pasar modal. 

Selain itu juga, kredit perbankan dan piutang pembiayaan tumbuh 11,4 persen dan 14,2 persen lebih tinggi dari rerata 5 tahun sebelum pandemi sebesar 8,9 persen dan 4,4 persen. 

"Optimisme tersebut juga terus berlanjut pada tahun ini, tercermin dengan besarnya investasi non residence pada SBN di tahun ini Januari 2023 yang mencatatkan pembelian netto sebesar 49,7 triliun, " ucapnya dalam pertemuan tahun otoriter jasa keuangan 2023 secara virtual, Senin (6/2/23). 

Ketua Dewan Komisioner OJK ini menerangkan, premi asuransi umum dan reasuransi tumbuh sebesar 13,9 persen atau mencapai 119 triliun, namun premi asuransi jiwa tahun lalu mengalami kontraksi 7,8 persen. 

Ia menjelaskan, kondisi ini menunjukkan bahwa mutlaknya penyelesaian masalah-masalah jumlah perusahaan asuransi jiwa dalam waktu dekat. 

Kemudian, tabilitas sektor keuangan tetap terjaga dan semakin kondusif, hal tersebut adalah buah hasil sinergi sangat kuat antara Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, OJK dan LPS dalam Stabilitas Sistem Keuangan (SSK) maupun secara masing-masing. 

"Ke depan ruang pertumbuhan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) masih terbuka lebar mengingat terjaganya profil risiko yang didukung kecukupan likuiditas dan permodalan, tercermin dari rasio non performing loan (NPL) gross perbankan 2,4 persen dan rasio non performing financing (NPF) perusahaan pembiayaan 2,3 persen," ungkapnya. 

Mahendra Siregar menyebutkan, sepanjang tahun 2022, kredit restrukturisasi COVID-19 perbankan turun signifikan menjadi sebesar 469 triliun dari puncaknya 830 triliun pada Oktober 2020.

Didukung dengan meningkatnya coverage pencadangan 24,3 persen dari total kredit restu. Sehingga terangnya, dapat diartikan Indonesia siap mengakhiri masa restrukturisasi pada akhir Maret 2023, kecuali untuk beberapa sektor padat karya yang akan diperpanjang hingga Maret 2024.

"Hal ini juga sejalan dengan rencana pemerintah memperoleh saran WHO terkait penurunan status pandemi COVID-19," tambah dia. 

Ketua Dewan Komisioner OJK menyebutkan, likuiditas industri perbankan pada 2022 dalam level yang memadai, AL/NCD dan AL/DPK masing-masing sebesar 137,7 persen dan 31,2 persen jauh di atas ambang minimal 50 persen dan 10 persen. 

Tingginya permodalan OJK juga memberikan bantalan penyerap risiko dan menunjang kebutuhan penyaluran pembiayaan. 

"Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan 25,6 persen sedangkan Rasio risk-based capital (RBC) industri asuransi umum dan asuransi jiwa 327 persen dan 482 persen. Goaring ratio perusahaan pembiayaan 2,1 kali," tuturnya.



(Mediacenter Riau/ip)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir