ppid@riau.go.id (0761) 45505
Sejak 1975, Yuk Spill Mie Keling Legendaris di Pekanbaru

Sejak 1975, Yuk Spill Mie Keling Legendaris di Pekanbaru

  • PPID UTAMA
  • 05 February 2023
  • 162 View

PEKANBARU - Kota Pekanbaru, Provinsi Riau tidak hanya dikenal dengan cita rasa kuliner asam pedas baung dan kudapan bolu kemojo. Di kota bertuah ini juga menyuguhkan aneka santapan olahan mie. 

Satu di antara olahan mie yang kerap diburu wisatawan adalah mie keling. Lokawisata kuliner ini tidak jauh dari pusat perbelanjaan Mal Ciputra dan Novotel. Tepatnya berada di Jalan Kulim No 1, Kampung Baru, Kecamtan Senapelan, Kota Pekanbaru.

Mie keling legendaris ini telah hadir di Pekanbaru sejak tahun 1975 silam. Jika ingin mencicipi mie ini, harus bersabar lantaran selalu ramai dikunjungi pembeli. 

Mie keling di Pekanbaru cenderung memiliki cita rasa manis, gurih, dan tidak terlalu pedas. Namun, jika ingin merasakan rasa pedas, bisa ditaburi potongan rawit yang sudah disediakan. 

Satu porsi mie keling di sini menggunakan mie kuning yang dilengkapi telur rebus, tahu, toge, timun, kentang, dan ada batagor. Lalu, mienya dibaluri dengan kuah kacang yang menjadi ciri khasnya. 

"Mie keling yang kami sajikan memang selalu banyak diminati wisatawan. Sejak dulu cita rasanya tetap konsisten, tidak berubah, menggunakan resep rahasia keluarga secara turun menurun," Nah, di situlah ciri khasnya kita,” ucap Eko Fadly membuka perbincangan bersama tim Media Center Riau, pada Minggu (5/2/2023) pagi.

Menjaga cita rasa memang menjadi komitmen keluarga Eko Fadly. Sehingga, usaha yang ditekuni sejak puluhan tahun itu, sangat digandrungi segala kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan bawah, kalangan menengah, hingga kalangan atas. Usia pembeli mulai dari orang tua atau generasi Baby Boomers, hingga kalangan generasi X, generasi Y atau Milenial, dan generasi Z.

"Usaha mie keling ini banyak didatangi dari berbagai kalangan, termasuk  pernah di kunjungi oleh Gubernur Riau Syamsuar dan pejabat lainnya," ucap Eko. 

Saat ini, usaha mie keling tersebut sudah berjalan 48 tahun. Buka setiap hari, mulai pukul 06.00 wib hingga pukul 17.30 wib. Kecuali tutup pada hari Rabu. 

Seorang penikmat mie keling, Aprilia Putri (23) mengungkapkan, bahwa saban dia berkunjung ke Kota Pekanbaru pasti selalu menyempatkan diri ke warung mie keling legendaris tersebut. 

Karena, menurut dia, di daerah asalnya yaitu Jakarta, sangat sulit menemui olahan mie yang serupa dengan mie keling di Pekanbaru. Sebab menurutnya, rasa mie keling ini memiliki ciri khas tersendiri.

“Dulu tau mie keling itu ketika papa tugas di Pekanbaru, makanya kalau liburan ke kota ini pasti menyempati datang ke sini untuk menyantap mie keling. Soalnya ya, kalau di Jakarta gak ada ditemui yang rasanya mempunyai ciri khas kayak gini,” ungkap Aprilia.

Aprilia mengaku, mie keling ini merupakan satu di antara kuliner favoritnya di Pekanbaru, karena mempunyai harga sangat bisa dijangkau oleh seluruh kalangan.

“Mie di sini bisa tergolong murah ya, dengan harga Rp 17 ribu saja sudah dapat menyantap kelezatan dari seporsi mie keling,” pungkasnya. 



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

IR. S. F. HARIYANTO M. T.,

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

611

  • 260 Tersedia Setiap Saat
  • 301 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

327

  • 93 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 53 Sedang Proses

Member PPID

411

  • 410 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir