ppid@riau.go.id (0761) 45505

Samsat Diharapkan Beri Service Excellent kepada Masyarakat

  • PPID UTAMA
  • 13 December 2022
  • 868 View

DUMAI- Memberikan pelayanan optimal atau pelayanan terbaik kepada masyarakat merupakan tujuan dari setiap program pemerintah tak terkecuali Samsat Provinsi Riau. 

Supaya membuat masyarakat taat membayar pajak, Samsat tidak hanya dituntut untuk melahirkan inovasi-inovasi dengan berbagai kemudahan, namun memberikan pelayan terbaik dengan akses cepat sangat penting dalam mencapai tujuan tersebut. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengapresiasi setiap kerja keras dan inovasi yang telah dilakukan Samsat Provinsi Riau, dan berharap kedepannya lebih meningkatkan kinerja dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat. 

"Bagaimana kita menciptakan inovasi, karena tugas pemerintah adalah bagaimana memberikan pelayanan publik terbaik. Jadi semakin hari semakin baik. Tentu ini perlu kerjasama dan kolaborasi agar apa yang diciptakan bisa terwujud, karena Samsat inikan gabungan antara Kepolisian, Pemda, dan Jasa Raharja," kata Gubri di Dumai, Senin (12/12/2022). 

Hingga saat ini, Samsat Provinsi Riau telah membuat berbagai inovasi untuk kenyamanan dan kemudahan masyarakat membayar pajak, mulai dari adanya aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL), baru-baru ini Bapenda Riau juga menghadirkan layanan Samsat Tanjak di sejumlah kampus di  Pekanbaru, hingga Samsat Online. 

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal berpesan agar setiap inovasi yang dilahirkan Samsat Provinsi Riau bisa memberikan pelayanan yang optimal dan akses layanan yang cepat kepada masyarakat. 

"Saya berpesan supaya pelayanan (Samsat) cepat, mudah, dan gampang diakses atau sevice exellent," jelas Kapolda Riau. 

Selain itu, Iqbal juga meminta setiap Samsat untuk menjaga kebersihan dan petugas yang bekerja juga harus ramah dan humanis. Jika hal itu diterapkan, menurut Kapolda, masyarakat akan taat membayar pajak tanpa harus dipaksa. 

"Sehingga wajib pajak bisa mengakses layanan dengan mudah, cepat diakses dan tempatnya bersih, petugas pelayanan humanis dan ramah.  Masyarakat akan datang lagi tanpa dipaksa," imbuhnya. 

Iqbal menilai, sejauh ini tingkat pelayanan Samsat Provinsi Riau sudah memberikan layanan yang baik kepada masyarakat, bahkan Riau telah diberikan apresiasi oleh pemerintah pusat. 

"Layanan di Riau sudah sangat bagus, mulai dari kebersihan hingga sarana dan prasarana. Menurut saya Riau sudah maju. Bahkan Riau sudah diberikan apresiasi oleh pemerintah pusat, karenanya Riau tidak bisa dianggap provinsi kaleng-kaleng," pungkas Iqbal. 

"Pada tahun 2023, kita sepakat inovasi yang diberikan berorientasi pada pelanan publik. Sehingga hari esok harus lebih baik dari hari ini," tutup Kapolda Riau. 



(Mediacenter Riau/nv)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

H. ABDUL WAHID, M.Si

Gubernur Riau

Ir. H. S.F. HARIYANTO, M.T

Wakil Gubernur

M. JOB KURNIAWAN, AP, M.Si

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

800

  • 298 Tersedia Setiap Saat
  • 442 Berkala
  • 50 Serta Merta
  • 10 Dikecualikan

Permohonan Informasi

431

  • 141 Selesai
  • 184 Ditolak
  • 92 Sedang Proses

Member PPID

479

  • 478 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store