PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengharapkan agar lahan kosong baik itu yang ada di sekitar rumah atau lahan yang tidak terolah dengan baik agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menanam tanaman pangan dan sayur sayuran.

Terang Gubri, pemanfaatan lahan dengan baik ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi kepada Kepala Daerah se Indonesia agar memperhatikan ketahanan pangan di setiap daerah masing-masing.

"Manfaatkanlah lahan yang ada, manfaatkan secara maksimal," ucapnya, saat menghadiri kegiatan gerak tanam di Desa Kualu Kecamatan Tambang Kampar, Rabu (06/05/2020).

Ia juga menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga telah melakukan koordinasi dengan para Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda) serta Kepala Daerah se-Riau dalam hal pemanfaatan lahan tersebut.

Untuk itu, Ia mengharapkan agar instruksi ini dapat dijalankan dengan baik dan dapat mengantisipasi terjadinya kekurangan pangan di Riau.

"Kami ingin mengajak dalam momen ini untuk sama-sama bercocok tanam di lahan yang ada," ujar Gubri.

Tambahnya, Pemprov Riau juga membuka kesempatan bagi masyarakat atau kelompok tani yang ingin bekerja sama dalam mengolah lahan kosong milik Pemprov, agar dapat berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Kalau ingin bercocok tanam tinggal diakomodir saja, silahkan hubungi dinas kita. Semoga dengan adanya gerakan ini mampu mengatasi kelangkaan pangan dan kekurangan di Riau," tutur dia. (MCR/IP)