PEKANBARU - Sebanyak 13 orang mahasiswa asal provinsi Riau yang sebelumnya menempuh perkuliahan di luar negeri, saat ini sudah kembali ketanah air. Namun ke 13 mahasiswa tersebut masih berada di Jakarta dan menunggu dipulangkan ke Riau.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala dinas kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir saat konferensi pers perkembangan kasus positif corona di Riau diposko gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Riau, Senin (4/5/2020). Untuk kepulauan para mahasiswa tersebut, Pemerintah provinsi Riau masih menunggu maskapai penerbangan.

"Total 13 mahasiswa Riau yang kuliah di luar negeri sudah ada di Jakarta. Untuk kepulangan ke Riau, masih menunggu pesawat," kata Mimi.

Mimi menjelaskan, ke 13 mahasiswa tersebut lima diantaranya adalah mahasiswa yang berkuliah di Malaysia dan delapan orang yang berkuliah di Arab Saudi.

"Kalau sesuai jadwal, seharusnya hari Minggu sudah sampai di Pekanbaru. Namun karena jadwal penerbangan tidak ada, jadi ditunda," sebutnya.

Setelah sampai di Riau, para mahasiswa tersebut nantinya akan dikarantina selama 14 hari di Balai Diklat BPSDM Riau yang ada di Pekanbaru. Selama masa karantina, mereka akan diawasi oleh tim kesehatan dan satpol PP.

"Jika tidak menunjukkan gejala seperti penderita virus corona, maka akan dipulangkan. Namun jika ada gejala, akan langsung dirawat," jelasnya. (MCR/MS)