ppid@riau.go.id (0761) 45505

Pemerintah Dorong Partisipasi Aktif Milenial dalam SP4N-LAPOR!

  • PPID UTAMA
  • 31 October 2022
  • 748 View

PEKANBARUOptimalisasi kualitas pelayanan publik melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) terus digencar. Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) adalah mendorong para pemuda sebagai pengguna terbanyak untuk lebih aktif dalam menyampaikan aspirasinya.

"Peningkatan jumlah pengguna LAPOR! masih perlu terus ditingkatkan mengingat jumlah pengguna LAPOR! yang masih sekitar 1,3 juta yang mana ini masih berbanding jauh dengan jumlah penduduk Indonesia," ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa dalam Dialog Publik Optimalisasi Partisipasi Pemuda Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, secara virtual dikutip Senin (31/10/2022). 

Diah menjelaskan, berdasarkan data usia, pengguna LAPOR! terbanyak adalah masyarakat dengan rentang usia 20-34 tahun atau sebesar 42 persen. Sementara, terbanyak kedua ialah masyarakat yang berusia dibawah 20 tahun atau sebesar 25 persen.

"Hal ini menunjukkan bahwa telah terdapat partisipasi aktif pemuda dalam peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR!," imbuh Diah.

Lebih lanjut disampaikan, sebagai SP4N, LAPOR! memiliki tiga prinsip. Pertama, prinsip "Mudah" yaitu mudah diakses karena dapat memberikan banyak alternatif kanal, diantaranya yakni www.lapor.go.id, SMS 1708, Mobile Apps (IoS dan Android), social media handler dan kanal existing yang sudah ada di instansi seperti melalui surat, email instansi dan tatap muka yang dapat diinput ke dalam SP4N-LAPOR! serta terdapat dashboard pengelolaan.

"Semua kanal ini saling terintegrasi dan dapat dikelola dalam satu sistem, sehingga juga memudahkan instansi dalam memberikan tindak lanjut dan juga memanfaatkan data pengaduan tersebut untuk perbaikan pelayanan publik," ungkap Diah.

Prinsip yang kedua adalah "Terpadu" dimana telah terhubung dengan hampir seluruh instansi pusat dan daerah. Hal ini mempermudah disposisi dan tindak lanjut secara sistem dan dapat diintegrasikan dengan kanal pengaduan lain yang sudah dimiliki kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah sesuai ketentuan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Prinsip yang ketiga adalah "Tuntas". Dijelaskan, prinsip ini berkaitan dengan akuntabilitas proses, dimana laporan mudah ditelusuri status penanganannya terlacak dengan ID Tracking. "Indikator tindak lanjut, ketuntasan termonitor dengan indikator merah, kuning, hijau, publikasi statistic masyarakat menilai langsung audit kinerja secara partisipatif," tutur Diah.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Tangerang telah terhubung dengan LAPOR!. Pada 2022, terdapat 351 laporan masuk dan persentase laporan yang telah ditindaklanjuti telah mencapai 97 persen.

Diah berharap kegiatan yang dihadiri oleh mahasiwa Universitas Yuppentek Indonesia ini dapat menjadi momentum dalam meningkatkan partisipasi dan kualitas pelayanan publik melalui SP4N-LAPOR!. Turut hadir sekaligus menjadi narasumber dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi Transformasi Digital Pelayanan Publik Kementerian PANRB Yanuar Ahmad, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Indri Astuti, serta Dosen Universitas Yuppentek Indonesia Khikmawanto.



(Mediacenter Riau/asn)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

H. ABDUL WAHID, M.Si

Gubernur Riau

Ir. H. S.F. HARIYANTO, M.T

Wakil Gubernur

M. JOB KURNIAWAN, AP, M.Si

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

800

  • 298 Tersedia Setiap Saat
  • 442 Berkala
  • 50 Serta Merta
  • 10 Dikecualikan

Permohonan Informasi

429

  • 139 Selesai
  • 184 Ditolak
  • 93 Sedang Proses

Member PPID

479

  • 478 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store