PEKANBARU - Kunci sukses ketika melakukan usaha adalah niat, keseriusan, dan keyakinan. Selagi tiga hal itu dilakukan usaha yang ditekuni bisa menjadi penghasilan. 

Hal itu disampaikan Wakil Gubenur Riau (Wagubri) H Edy Natar Nasution, Sabtu (2/7) di Pekanbaru. Dikatakannya, jika untuk rezeki itu, Allah SWT telah menetapkan dan menjamin rezeki hambanya jauh sebelum lahir ke dunia dan telah tercatat dalam Lauhul Mahfuzh.

Ini juga sesuai sabda Nabi Muhammad SAW dalam alquran, jika "Allah telah  menetapkan takdir semua mahluknya sejak 50.000 tahun sebelum ia menciptakan langit dan bumi"

Kemudian, di dalam surat Ath-Thalaq ayat 2-3 Allah SWT juga menyampaikan "Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya".

"Artinya, saat ini keyakinan dan kemauan kita ikhtiar atau berusaha dan selalu bertakwa dan bersyukur kepada Allah SWT," katanya.

Wagubri mengaku sangat bangga kepada masyarakat Riau, yang menekuni usaha dalam berbagai bidang. Baik usaha UMKM, pertanian, perkebunan, dan lainnya yang telah memberikan hasil sangat baik.

"Ini juga saya buktikan saat berkunjung ke Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis. Banyak masyarakat kita yang sudah berhasil berkat ketekunan dan keyakinan dalam berusaha, seperti usaha rumah makan dan kebin durian" jelasnya.

"Kita di Provinsi Riau merupakan daerah yang memiliki banyak potensi dan sektor bisa dikembangkan, termasuk pariwisata. Ini juga sebuah karunia yang patut kita syukuri untuk berusaha ke depan," tambahnya.

Lebih jauh mantan Danrem 031 Wira Bima ini, juga mengatakan jika untuk usaha ini Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) juga selalu menyampaikan, untuk mencintai produk lokal yang terus menekankan untuk menggunakan produk dalam negeri.

"Artinya, jika ada teman, rekan dan masyarakat kita yang memiliki usaha dan sesui dengan kebutuhan kita, tidak salahnya kita membesarkan mereka. Sehingga, perekonomian kita ke depan akan jauh lebih baik lagi ke depanya," ujarnya.

Sebagai Wakil Gubernur Riau dan mewakili Pemerintah provinsi Riau, ia akan terus memotivasi masyarakat untuk berusaha dan mengimbau masyarakat lebih semangat dan terus berkarya dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

"Pemprov Riau terus mendukung UMKM masyarakat. Kita harap perekonomian masayarakat kita kembali pulih yang sebelumnya juga terdampak pandemi COVID-19," tutupnya.



(Mediacenter Riau/az)