PEKANBARU - Sebanyak sembilan gubernur di Pulau Sumatera dijadwalkan menggelar rapat kordinasi di Pekanbaru, Riau Kamis (30/6) besok. Pembahasan yang dilakukan terkait infrastruktur hingga harga komoditas yang tidak stabil. Seperti anjloknya harga sawit dan naiknya harga cabai kuga akan dibahas dalam rapat itu.

"Dalam rakor besok, ada lima topik pembahasan. Pertama, soal pemerataan insfrastruktur berkaitan jalan tol Trans Sumatera, infrastruktur di wilayah perbatasan dan over dimension over load," kata Gubernur Riau Syamsuar Rabu (29/6/2022).

Sedangkan persoalan kedua, yakni terkait hilirisasi sumber daya alam yang mencakup kawasan industri, hortikula dan perikanan. Bahkan, sejumlah komoditas seperti kelapa sawit, karet, kopi, ubi kayu, sagu, tebu, lada, kelapa dan cabai menjadi topik pembahasan untuk mencari solusinya.

Ketiga soal penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini mencakup wisata halal, paket wisata lintas Provinsi sampaai pengembangan ekonomi kreatif. Selain itu untuk keempat, soal stunting, kemiskinan ekstrim mencakup ketahanan pangan, pelayanan kesehatan dan pendidikan daerah.

"Lalu yang kelima, terkait pembangunan rendah karbon, pembangunan berkelanjutan dan peningkatan bauran energi. Termasuk soal pengelolaan gambut dan mangrove," kata Syamsuar.

Forum kerja sama Gubernur se-Sumatera sendiri merupakan wadah para Gubernur se-Sumatera untuk membahas berbagai hal yang berkaitan pembangunan di wilayah Sumatera. Termasuk juga lintas Provinsi untuk memajukan pembangunan Pulau Sumatera dan sekitarnya.

Rakor Gubernur se-Sumatera akan diawali dengan Rapat Kerja Teknis Bappeda dan perangkat daerah se-Sumatera. Di mana beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pra-rakortek dan menghasilkan draft rumusan kesepakatan. 

Khusus untuk kenaikan sejumlah komoditi seperti cabai, bawang dan bahan pokok lain juga akan dibahas Syamsuar bersama para gubernur. Mengingat rakor tersrbut jadi momentum penting kerja sama antar wilayah. 

Satpol PP Provinsi Riau juga menyiapkan dua pleton personel untuk pengamanan Gubernur se- Sumatera di Pekanbaru. Lokasi rakor ada di Hotel Premier dan Gedung Balai Sirindit.

Kasat Pol PP Provinsi Riau Hadi Penandio mengatakan untuk pengamanan tersebut pihaknya berkordinasi dengan Polda Riau agar rapat kordinasi berjalan lancar.

"Pengamanan mulai hari ini sampai acara selesai sudah dilakukan. Tentunya kami di Satpol PP melibatkan Polda Riau supaya kegiatan berjalan lancar, personel sendiri yang kami siapkan ada 2 pleton untuk dua lokasi," kata Hadi.



(Mediacenter Riau/asn)