PEKANBARU - Provinsi Riau kembali mendapat bantuan tambahan 1 helikopter jenis Super Puma dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penambahan ini untuk memaksimalkan penanggulangan Karhutla di Riau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, dengan penambahan bantuan heli tersebut, maka di Riau telah siaga sebanyak 3 unit helikopter dan 1 pesawat. Dengan rincian 1 unit dari BNPB, 1 unit pesawat karapan untuk patroli, dan 1 helikopter bantuan dari KLHK. 

"Saat ini heli kita yang standby ada 2 dari 8 heli yang dipersiapkan oleh BNPB untuk kita. Sejauh ini Pemprov Riau belum ada meminta penambahan bantuan helikopter, mengingat situasi Karhutla sejauh ini masih aman," kata Edy Afrizal, Selasa (28/6/2022).

Lebih lanjut Edy Afrizal mengatakan, untuk penanganan sejumlah lahan terbakar sebelumnya, sudah berhasil dikendalikan. Hal itu pula diambil kebijakan dengan ditariknya seluruh personel dari lapangan.

"Meski demikian, petugas kita tetap standby, dan kegiatan patroli tetap dilakukan. Jika nanti ada laporan atau ada terpantau titik api melalui dasbor Lancang Kuning, kami siap untuk turun," tukasnya. 



(Mediacenter Riau/amn)