PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, akan memulai pembangunan  payung elektrik di halaman Masjid Raya Annur, Pekanbaru, Riau. Pembangunan tersebut saat ini dalam tahap lelang.

Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Arif Setiawan mengatakan, payung-payung ukuran besar (raksasa) dihalaman masjid tersebut dibangun layaknya payung seperti di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Pembangunan payung ini dilakukan secara bertahap.

"Pembangunan payung di Masjid Raya Annur tahun ini jadi kita bangun. Nantinya payung itu akan dioperasikan secara elektrik, yakni bisa dibuka dan ditutup," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, rencana pembangunan payung elektrik ini saat ini sedang tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Jika telah selesai, maka pembangunan akan langsung dilakukan.

"Pembangunan payung elektrik di Masjid Raya Annur tahap lelang. Total ada enam payung yang akan dibangun, total anggaran yang disedikan Rp42 miliar," ujarnya.

Dengan adanya pembangunan payung elektrik tersebut, diharapkan dapat menambah kenyamanan jamaah saat melaksakana ibadah di Masjid Raya Annur. Apalagi jika ada kegiatan-kegiatan besar payung tersebut bisa di manfaatkan.

"Dengan adanya pembangunan payung elektrik dan pembenahan kawasan masjid, kita harap Masjid Raya Annur ke depan menjadi wisata religi kedepannya dan masyarakat bisa semakin khusuk beribadah," ujarnya. 



(Mediacenter Riau/ms)