PEKANBARU - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau berhasil meraih penghargaan sebagai OPD terbaik ke 3 dalam mengimplementasikan pengembangan kompetensi 20 jam pelajaran per tahun bagi ASN.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kepada Kepala Dinas Diskominfotik Riau, Erisman Yahya, di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu, (8/6/2022).

Ada beberapa OPD yang meraih penghargaan yang sama yang diselenggarakan oleh Pemprov Riau melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Riau. Diantaranya, terbaik 1 dari BPSDM Riau dengan nilai 61,62 persen, terbaik 2 Inspektorat Riau dengan nilai 41,38 persen.

Selanjutnya peringkat terbaik 3 Diskominfotik Riau 30,93 persen, terbaik 4 Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Riau dengan nilai 25,56 persen, dan terbaik 5 Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Riau dengan nilai 23,53 persen.

"Kepada perangkat daerah yang memperoleh piagam penghargaan, saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas upaya dan langkah dalam peningkatan pengembangan kompetensi ASN," ucapnya.

Syamsuar berharap upaya peningkatan kompetensi ASN ini dapat tetap dilanjutkan kedepannya sebagai upaya untuk mewujudkan ASN yang memiliki kompetensi dan mampu berkompetisi.

Menurutnya, penyerahan piagam penghargaan terhadap perangkat daerah terbaik dalam mengimplementasikan pengembangan kompetensi 20 jam pelajaran per tahun bagi ASN merupakan bagian yang tidak terlepas dalam rangka meningkatkan kinerja dan profesionalisme ASN.

Ia menjelaskan, melalui pengembangan kompetensi SDM diharapkan dapat meningkatkan kompetensi teknis manajerial dan sosial kultural bagi ASN. Sehingga dapat meningkatkan pelaksanaan fungsi ASN, yaitu melaksanakan kebijakan publik, pelayanan publik, perekat dan pemersatu bangsa.

"Melalui pendekatan kompetensi dan kinerja ini diharapkan akan dapat menciptakan ASN yang profesional dan kompetitif sekaligus menciptakan pemerintahan berkelas dunia," ungka Syamsuar.

"Oleh sebab itu pelaksanaan launching webinar core value berAKHLAK dan penyerahan piagam penghargaan terhadap perangkat daerah yang terbaik dalam mengimplementasikan pengembangan kompetensi 20 jam pelajaran per tahun secara terintegrasi memberikan kejernihan hati dan pikiran serta semangat membangun negeri bagi kita semua untuk menginternalisasikan dan menginvestasikan core value berAKHLAK sebagai tanggung jawab moral kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat," tutupnya.



(Mediacenter Riau/ip)