PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tahun ini akan melakukan rehabilitasi sejumlah venue eks Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau tahun 2012 yang mengalami kerusakan.

Sedikitnya tahun ini ada enam venue yang akan dilakukan rehabilitasi. Keenam venue tersebut diantaranya, GOR Tribuana, Gelanggang Remaja, Stadion Kharuddin Rumbai, Asrama Atlet Sport Center Rumbai, GOR Beladiri Sport Center Rumbai, dan Hall Sepak Takraw. 

Setelah direhabilitasi, venue eks PON Riau itu nantinya akan dimaksimalkan pengelolaannya dalam upaya untuk meningkatkan sumber pendapatan ke kas daerah Pemprov Riau. 

"Iya tahun ini kita akan melakukan rehabilitasi enam venue eks PON Riau yang ada di Pekanbaru," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau, Arief Setiawan didampingi Kepala Bidang Cipta, Karya Thomas Larfo Dimiera, Selasa (31/5/2022). 

Arief Setiawan mengatakan, untuk melakukan rehabilitasi keenam venue tersebut pihaknya juga telah menyiapkan anggaran di APBD Riau tahun 2022 sebesar Rp12,2 miliar. 

"Total anggaran keseluruhan untuk perbaikan enam venue itu sekitar Rp12,2 miliar. Sebenarnya diperencanaan ada 12 venue, namun yang masuk ada 6 venue. Kedepan kita akan perbaiki venue-venue lainnya, agar bisa dapat dimanfaatkan dengan baik," tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat mengatakan, setelah enam venue tersebut diperbaiki, pihaknya akan memaksimalkan pengelolaan. 

"Untuk mengelola venue ini tentu harus kita perbaiki dulu fasilitas yang mengalami kerusakan berat. Kalau semua sudah diperbaiki, maka orang mau pakai dengan sistem sewa juga tidak masalah. Seperti Stadion Kharuddin itu kan perbaiki rumputnya. Untuk pelaksanaan rehabnya itu dari Dinas PUPR," katanya. 



(Mediacenter Riau/amn)