PEKANBARU - Warga Pekanbaru terlihat antusias menghadiri kegiatan kirab dan display cakra wahana paksa taruna tingkat III oleh Akademi Angkatan Udara (AAU) yang berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022).

Berdasarkan pantauan, sejumlah warga memadati lapangan Kantor Gubernur Riau untuk menyaksikan secara langsung penampilan 119 taruna dan taruni AAU saat melakukan penampilan drumband.

Warga yang datang juga terlihat takjub saat menyaksikan atraksi paramotor dan pesawat tempur F16 milik TNI AU yang terbang melintas di lokasi tersebut. 

Sontak tak mau ketinggalan momen langka itu, para warga yang menonton langsung sigap mengabadikan momen spektakuler itu dengan merekam menggunakan gawai masing-masing. 

Atraksi Paramotor di lapangan Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022) siang. (Foto: Afrianto Silalahi/Diskominfo Riau) 

Warga Pekanbaru, Muhammad Rizky (24) mengaku juga turut menikmati penampilan dari taruna dan taruni AAU tersebut. Dijelaskan dia, setelah dua tahun pandemi, penampilan seperti itu sangat menarik perhatian warga.

Rizky menuturkan, ia juga merekam momen-momen pesawat tempur F16 membentuk formasi di udara. Seperti formasi anak panah sebagai salam perpisahan tanda berakhirnya kegiatan kirab dan display cakra wahana paksa taruna tingkat III AAU tahun 2022 di Pekanbaru.

"Tadi lewat Jalan Sudirman, sengaja singgah karena melihat ada atraksi. Saya ingin melihat secara langsung. Ini bagus sekali menarik, bisa juga untuk membuat konten di medsos," ungkap Risky sembari tersenyum. 

Atraksi Drumband di lapangan Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022) siang. (Foto: Afrianto Silalahi/Diskominfo Riau) 

Hal yang sama juga disampaikan oleh warga Pekanbaru lainnya, Nurul Asyifa (35). Nurul mengatakan, ia sengaja mengajak kedua anaknya karena ingin menyaksikan penampilan penampilan drumband dan atraksi pesawat tempur F16 secara langsung.

Usai acara tersebut, ibu dua anak ini juga turut berswafoto dengan para taruna-taruni yang memakai seragam lengkap serta atribut untuk pelaksanaan kirab.

"Anak saya juga senang menyaksikannya, baguslah. Semoga saja kedepannya ada lagi," harap Nurul.

Atraksi Drumband di lapangan Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022) siang. (Foto: Afrianto Silalahi/Diskominfo Riau) 

Melihat besarnya antusias warga untuk menyaksikan penampilan kirab itu, Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran AAU di Provinsi Riau khususnya di Kota Pekanbaru.

Joni Irwan menerangkan, penampilan ini bisa dijadikan motivasi bagi generasi muda di Riau untuk ikut menjadi angkatan dan menjadi seorang abdi negara seperti halnya taruna-taruni AAU tersebut.

"Terima kasih kehadiran Bapak Wakil Gubernur AAU hadir bersama kita beserta jajaran, dengan kehadiran drumband dan atraksi pesawat merupakan motivasi yang sangat luar biasa khususnya pada generasi muda," tutupnya.

Atraksi Drumband di lapangan Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022) siang. (Foto: Afrianto Silalahi/Diskominfo Riau) 

Sebagai informasi, sebelum melakukan atraksi di depan Kantor Gubernur Riau, peserta kirab tersebut memulai pawai drumband dari depan Mall Pekanbaru.  Kemudian, rombongan peserta kirab melintasi Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di Lapangan Kantor Gubernur Riau.

Agar kegiatan ini berjalan lancar, saat pawai berlangsung juga dilakukan pengalihan arus lalu lintas di jalan yang dilewati tim kirab dan display cakra wahana paksa taruna tingkat III AAU.



(Mediacenter Riau/dw)