PEKANBARU - Wakil Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU), Marsma TNI Palito Sitorus menyampaikan sebanyak 119 taruna dan taruni ikut tampil dalam kirab dan display cakra wahana paksa taruna tingkat III oleh AAU dari Yogyakarta, yang telah berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Riau, Senin (30/5/2022)

"Kami dari Akademi Angkatan Udara yang berada di Yogyakarta, pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Riau) dan kota Pekanbaru yang telah memfasilitasi bisa tampil pada masyarakat khususnya di kota Pekanbaru ini," katanya.

Ia menyebutkan, adapun kegiatan yang dilakukan taruna dan taruni tingkat III Angkatan Akademik Udara merupakan suatu latihan yang dinamakan latihan cakra wahana paksa. 

Menurutnya, latihan ini adalah merupakan, kurikulum dari AAU seperti mempraktekkan navigasi udara, di mana para taruna tingkat III ini di ajari untuk praktek langsung.

"Kemana kita terbang dengan melakukan navigasi, di udara jadi pada kesempatan ini kami menampilkan salah satu bentuk promosi dari angkatan udara berupa display drumband yang sama-sama tadi kita saksikan," lanjutnya.

Marsma TNI Palito Sitorus juga menyebutkan, 119 taruna dan taruni merupakan tingkat III yang mempraktekkan navigasi dan menampilkan drumband.

Selain itu, ia mengungkapkan, bahwa persiapan pelaksanaan untuk penampilan pada hari ini, tidak pelatihan khusus. Karena kegiatan ini adalah salah satu ekstra kurikuler AAU yang mana kegiatan ini sehari-hari dilakukan pada waktu luang.

"Ini merupakan salah satu ekstra kurikuler yang khusus ditampilkan kepada masyarakat Pekanbaru, dan ini merupakan ekstra kurikuler yang dilaksanakan seluruh taruna akademi angkatan udara," sebutnya.



(Mediacenter Riau/dw)