PEKANBARU - Sebanyak lima ekor sapi di Rokan Hulu (Rohul) yang sebelumnya dinyatakan terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah beransur membaik. 

Luka-luka yang sebelumnya terdapat di mulut pada sapi tersebut sudah mengering. Nafsu makan sapi juga sudah terlihat lebih baik, dibandingkan sebelumnya. 

"Alhamdulilah, sudah membaik. Lukanya sudah mengering, nafsu makannya juga sudah terlihat membaik," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Riau, Faralinda Sari, Senin (30/5/22). 

Dipaparkan, pasca dinyatakan positif terpapar PMK, kelima sapi langsung diisolasi dan diberi obat-obatan berupa vitamin dan antibiotik. Selain itu, kandang sapi juga rutin disemprotkan disinfektan. 

Kelima sapi tersebut mendapatkan pengawasan langsung dari dokter hewan. Setiap hari, kondisi hewan terus dilaporkan ke instansi terkait. 

"Sekarang yang jelas sudah banyak kemajuan, bahkan bisa dibilang hampir sembuh. Kita terus berikan vitamin dan antibiotik. Kandangnya juga rutin disemprotkan disinpektan. Kita lihatlah berapa hari ke depan lagi," ungkap Faral.



(Mediacenter Riau/mtr)