PEKANBARU - Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy memimpin rapat persiapan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau tahun 1443 H atau 2022 M di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (30/5/22).

Masurl Kasmy dalam arahannya menyampaikan bahwa, secara umum pelaksanaan haji di Provinsi Riau sudah siap. Karena menurutnya, pelaksanaan haji melalui EHA sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu dan sudah ada pengalaman dalam pemberangkatan dan pemulangan calon jamaah haji.

"Secara umum kita siap, karena ini kan mengulang dari EHA tahun 2019. Tahun 2020-2021 tidak dilaksanakan karena pemerintah menunda pemberangkatan jamaah haji karena persoalan COVID-19," sebutnya.

Masrul Kasmy menyampaikan, untuk panitia pelaksana haji tahun ini telah dikeluarkan SKnya oleh Gubernur Riau. Oleh karena itu, ia mengharapkan pelaksanaan ibadah haji melalui EHA dapat berjalan dengan baik.

Ia menerangkan, ada banyak panitia yang terlibat dalam pelaksanaan haji melalui EHA. Ada yang terlibat bidang sekretariat, transportasi, keimigrasian, masalah teknis, bagian kebutuhan dokumen, penyelesaian masalah kesehatan dan lain sebagainya.

"Doakan mudah-mudahan ini sukses sesuai dengan keinginan Bapak Gubernur selaku kepala daerah yang telah mendorong pelaksanaan haji melalui EHA," sebutnya.

Kemudian Asisten I Setdaprov Riau menambahkan, pelajaran dan evaluasi pemberangkatan jamaah haji melalui EHA bisa dijadikan pedoman untuk pelaksanaan haji ini sehingga diharapkan dapat berjalan sukses.

Ia juga meminta seluruh kepanitiaan dapat menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga diharapkan pula nantinya ada rapat lanjutan masing-masing bidang agar pelaksanaannya sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Evaluasi pelaksanaan haji tahun 2019 lalu diharapkan dapat diperbaiki tahun ini, kita harapkan pula tahun ini dapat berjalan dengan baik," katanya.



(Mediacenter Riau/ip)