PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyambut baik adanya kerja sama UMKM dan perusahaan besar yang ada di Riau. Karena menurutnya, itu merupakan wujud adanya komitmen bersama antara pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam rangka mendorong dan menciptakan usaha kondusif di Provinsi Riau.

Selain itu sebutnya, kerja sama antara UMKM dan pelaku usaha merupakan langkah awal dalam upaya mewujudkan pemerataan perekonomian dan mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah di bidang penanaman modal.

"Dengan adanya kolaborasi atas dasar prinsip saling membutuhkan, mempercayai, memperkuat dan menguntungkan antara usaha besar dan UMKM di daerah, maka diharapkan UMKM semakin maju," ucapnya, di Pekanbaru, Selasa (17/5/22).

Mantan Bupati Siak ini mengungkapkan, sebagai perwujudan Peraturan Menteri Investasi atau Kepala BKPM nomor 1 tahun 2022 tentang tata cara pelaksanaan kemitraan di bidang penanaman modal antara usaha besar dan UMKM di daerah. Hal itu akan mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Provinsi Riau.

Serta sebagai wujud dan harapan untuk membuka lapangan kerja dan pengurangan gini rasio serta mengurangi kesenjangan antara yang miskin dan yang kaya.

"Sebab kalau terlalu tinggi kesenjangannya, nanti ini tentu yang tidak kita harapkan yang dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi di daerah," sebutnya.

Ia menjelaskan, sesuai UU nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal sebagaimana diubah dengan UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja mengamanatkan untuk mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif bagi penanaman modal dan penguatan daya saing perekonomian serta mempercepat peningkatan perekonomian di daerah.

"Tadi sudah disampaikan alhamdulillah kita Riau ini termasuk tinggi investasinya dari apa yang ditargetkan. Keuntungan investasi selain untuk meningkatkan ekonomi, yaitu keuntungan menyerap tenaga kerja, serta penurunan angka pengangguran terbuka," ujarnya.

Ia menambahkan, Menteri Investasi sangat komitmen dalam hal peningkatan investasi dan peningkatan UMKM ini. Oleh karena itu, Gubri mengharapkan itu dapat dimanfaatkan dan pertahankan kepercayaan tersebut, karena ini dalam rangka meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM dan daerah.

"Kalau nanti besar usaha bapak ibu (pelaku UMKM), meningkat pula ekonomi. Mohon dimanfaatkan dengan sebaiknya," tutup Syamsuar.