PEKANBARU - Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau melaksanakan pembangunan bronjong di ruas jalan Cerenti-Air Molek. Dua ruas jalan ini lokasinya berada di jalan lintas Kabupaten Indragiri Hulu menuju Kabupaten Kuantan Singingi. 

Pemprov Riau melalui Unit Pelaksana Teknis Jalan Jembatan (UPTJJ) wilayah IV, Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau terus menggesa kegiatan itu. Fokus pada  pembangunan bronjong pada tiga titik longsor di lokasi  tersebut. 

Kepala UPTJJJ wilayah IV Dinas PUPR PKPP provinsi Riau, Sanusi ST, MT mengatakan, bahwa pembangunan tersebut merupakan instruksi dari Gubernur Riau Syamsuar agar longsor di ruas Jalan Cerenti-Air Molek segera bisa diatasi. 

"Perbaikan terus digesa. Saat ini progressnya sudah 95 persen. Diharapkan sebelum Idulfitri nanti sudah bisa dilewati. Sehingga bisa  memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat mudik ke kampung halaman," ujar Sanusi, ketika dihubungi Selasa (19/4/2022). 

Sementara, Kepala Seksi pemeliharaan jalan dan jembatan UPTJJ wilayah IV Ludfi Hardi, ST, MT menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya fokus di tiga titik longsor di ruas tersebut. Ia mengaku, di lokasi kegiatan tersebut telah terjadi longsor dan bisa membahayakan masayarakat yang melintas. 

"Ada beberapa titik longsor yang menjadi perhatian kami di ruas Jalan Cerenti-Air Molek. Dan pada STA (stasiun) ini sudah terjadi longsor dan berdekatan dengan jembatan. Maka segera kita atasi dengan dibangun bronjong," jelasnya. 

Ludfi yang akrab dipanggil Ucok ini mengatakan, ruas jalan dibawah kewenangan UPTJJ wilayah IV akan segera fungsional dan selesai sebelum lebaran, sesuai arahan Gubernur Riau. 



(Mediacenter Riau/MC Riau)