PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir, apalagi saat ini telah muncul varian omicron yang bertambah banyak di Indonesia. 

"Sekarang varian omicron ini sudah ada di Indonesia, artinya Covid-19 ini masih ada," kata Gubernur Syamsuar saat silaturahmi dengan para Pastor di Gedung Daerah, Balai Pauh Janggi, Rabu (26/1/2022). 

Dalam kesempatan itu, Syamsuar juga mengingatkan gencarnya vaksinasi di Provinsi Riau. Karenanya dia berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan dan melakukan vaksinasi di tempat-tempat yang telah disediakan, terutama vaksin bagi anak-anak. 

Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah, menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. 

Meskipun tidak 100 persen bisa melindungi seseorang dari infeksi virus corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19. 

Selain itu, vaksinasi Covid-19 juga bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. 

Kepada para pastor,  Gubri Syamsuar mengimbau agar vaksinasi dapat disosialisasikan terutama bagi anak-anak di kalangan umat Kristiani. 

"Dengan gencarnya vaksinasi saat ini, mari kita sosialisasikan kepada masyarakat terutama di kalangan anak-anak," ajak Syamsuar.

(Mediacenter Riau/nv)