PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau telah membuat Peraturan Gubernur (Pergub) untuk menjalankan program pendidikan vokasi. Pergub ini sudah diharmonisasi di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dijadwalkan dalam pekan ini akan dikeluarkan oleh Mendagri.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan, pendidikan vokasi ini akan menjadi unggulan Riau dalam meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Apalagi Mendagri saat berkunjung ke Riau ikut mendukung dan membahas pendidikan vokasi di Riau, yang dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk menuju dunia usaha.

“Mendagri mengarahkan agar bekerja lebih baik ditahun 2022 ini, dan diharapkan kualitas pembangunan juga SDM juga diharapkan ditingkatkan. Terutama pendidikan arahan beliau (Mendagri) agar pendidikan menjadi perhatian baik Provinsi maupun Kabupaten Kota,” ujar Gubri Syamsuar, Senin (24/1). 

“Kita tentunya adanya dukungan memberikan beasiswa, termasuk juga kerja sama antara Kementrian pendidikan, Kementrian tenaga kerja untuk pendidikan vokasi yang ada di daerah. Beliau konsennya pendidikan vokasi kita sudah melaksanakan itu, di mana ada kerjasama dengan dunia usaha,” tambah Gubri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, pihaknya bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, telah mengadakan pertemuan dengan Kementerian Dalam Negeri, Kemenaker, dan Menko PMK. Hal itu untuk memastikan pelaksanaan pendidikan vokasi di Provinsi Riau. 

“Kita sudah memulai pendidikan Vokasi sejak tahun 2021 ada 21 sekolah SMK di Kabupaten Kota. Di mana ada program keunggulan sekolah program langsung oleh dirjen vokasi. Dan kita sudah MoU dengan dirjen vokasi, untuk tahun 2022 ini akan dilakukan ada beberapa masih di verifikasi. Dukungan untuk pendidikan vokasi bersama, Menko PMK, Menaker, Mendikbud difasilitasi Mendagri,” jelas Kamsol.

“Pendidikan vokasi sudah mengeluarkan Pergub dan sudah selesai harmonisasi di Kemendagri, minggu depan sudah keluar. Kesiapan kita dengan Pergub itu menguatkan kita untuk menjalankan pendidikan vokasi. Bersama Disnaker bersinergi dengan dunia insdustri pelatihan sekolah vokasi,” tambahnya.



(Mediacenter Riau/ji)