PEKANBARU- Pandemi Covid-19 telah memberikan efek domino yang semula berawal dari masalah kesehatan kemudian merambat ke permasalahan sosial dan ekonomi, bahkan politik. Seluruh lapisan masyarakat terpukul akibat dampak dari pandemi tersebut. 

Begitu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, saat melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Riau, Jumat (21/1/2022). 

Pandemi selama dua tahun lebih ini, kata Tito, membuat berbagai sektor kehidupan manusia terasa pahit, bahkan hingga kini masih dihadapkan dengan krisis global yang belum pasti kapan berakhir. 

"Pandemi betul-betul pelajaran pahit bagi umat manusia dan global, karena menguji semua sistem kesehatan, ekonomi, keuangan, keamanan, pemerintahan, sosial, dan lainnya. Pandemi bukan hanya krisis kesehatan saja tetapi memiliki efek domino terhadap masalah ekonomi," ungkap Tito.

Dimasa pandemi terjadi perlambatan ekonomi yang disebabkan terbatasnya ruang gerak, akibatnya roda ekonomi Indonesia bahkan dunia melambat. "Akibatnya muncul rasa ketakutan yang tinggi, pendapatan tidak tercapai, belaja tinggi bahkan  belanja tak terduga tinggi sekali," imbuh Tito. 

Namun demikian pemerintah dan masyarakat, sambung Tito, harus bisa bersama mencari solusi dan mengendalikan pandemi Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia tetap survive. 

(Mediacenter Riau/nv)