PEKANBARU- Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen. TNI (Purn) H. Edy Afrizal Natar Nasution, S.IP mengajak seluruh masyarakat Provinsi Riau untuk tetap menanam tanaman pangan pokok dan buah-buahan. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga ketahanan pangan di masa pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan Edy Nasution saat mengikuti panen Produksi Padi Lahan Kering atau Padi Gogo di lahan UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Rabu (19/1/2025).

Edy Nasution juga mengatakan, banyak lahan-lahan kosong yang sebenarnya bisa dimanfaatkan, asal pandai memanfaatkan dan membaca peluang tersebut.

"Terbukti hari ini, hanya beberapa bulan yang lalu, sekarang kita bisa melaksanakan panen," ungkap Edy Nasution.

Tanaman padi tersebut ditanam di lahan seluar 3.000 meter milik UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau. Jenis padi yang dipanen ialah varietas Inpago 9.

Menurut Edy Nasution, selain tanaman padi, di UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau ini juga ditanam buah-buahan serta tanaman lain. 

"Bukan hanya sekedar padi, termasuk tumbuhan tanaman lain juga bisa dimanfaatkan. Saya lihat tadi disini ada kopi liberika, kemudian juga ada tanaman lain," ungkap Edy Nasution.

Oleh karena itu, Edy Nasution berharap kegiatan ini dapat memotivasi Dinas, UPT, serta masyarakat agar memanfaatkan lahan disekitar. Karena apabila dikelola dan diolah dengan baik itu akan memberikan manfaat yang luar biasa. 

"Harapan kita tidak hanya disini, nanti juga akan diikuti oleh UPT-UPT lain termasuk juga anggota-anggota disini," ujar Edy Nasution.

Apalagi berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, dalam waktu dekat ada beberapa pejabat di lingkungan Dinas PTPH Riau yang memasuki masa pensiun, yaitu sekitar 26 orang. 

Untuk itu, Edy Nasution menghimbau agar semua pihak dapat memanfaatkan lahan terbatas. Selain untuk memberdayakan lahan yang ada, ini juga dapat memotivasi anggota di UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau. 

"Artinya, kalau mereka memiliki bekal yang cukup seperti ini, ketika memasuki masa pensiun pun tidak akan sulit," harap Edy Nasution.

(Mediacenter Riau/dk)