PEKANBARU- Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar M.Si, membeberkan beberapa cara untuk mengantisipasi penularan varian omicron yang telah masuk ke tanah air. Dengan begitu, Provinsi Riau sudah siap dengan kemungkinan jika terjadi lonjakan kasus di Bumi Lancang Kuning ini.

Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar saat memimpin Rapat Satgas Covid-19 Provinsi Riau bersama Satgas kabupaten/kota di Provinsi Riau, berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (18/1/2022). 

Adapun upaya yang telah dilakukan ialah mempersiapkan rumah sakit rujukan, tempat isolasi mandiri terpadu, rekam medis, oksigen, hingga obat-obatan. 

Syamsuar juga mengajak kabupaten/kota se-Provinsi Riau mempersiapkan hal yang sama untuk mengantisipasi penularan varian Omicron. "Oleh karenanya kita mempersiapkan ini semua, jika terjadi peningkatan kasus didaerah-daerah, kita sudah siap," katanya. 

"Untuk oksigen, telah disiapkan oleh Satgas yang telah ditunjuk bekerjasama dengan perusahaan penyedia oksigen di wilayah Riau," tambah Syamsuar.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, kata Syamsuar, sudah mengingatkan dan memprediksi bahwa varian Omincron akan meningkat pada Februari 2022. 

"Untuk itu, teman-teman kabupaten/kota juga siap sedia untuk mengantisipasi jika ada kemungkinan-kemungkinan terdapat penularan Omicron didaerah. Diharapkan juga kita semua standby," imbau Syamsuar.

Tidak hanya itu, Syamsuar juga mengingatkan agar pelaksanaan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan disosialisasikan ke masyarakat serta tidak boleh diabaikan. 

(Mediacenter Riau/nv)