PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto didampingi Kepala Inspektur Riau, Sigit Juli Hendriawan mengikuti kick off meeting bersama KPK RI. Kegiatan ini membahas rangkaian kegiatan asesmen Whitstleblowing System (WBS) secara virtual, di Ruang Riau Command Center, Senin (10/01/2022).

Mengawali rapat tersebut, Perwakilan dari KPK RI, Suyadi menyampaikan, kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti asesmen WBS yang telah ditandatangani oleh Gubernur Riau bersama KPK.

"Melalui rapat ini nanti akan ada tim (dari KPK) akan memaparkan, kebutuhan asesmen seperti apa," katanya.

Sebagai informasi,  WBS merupakan mekanisme penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana korupsi yang telah terjadi atau akan terjadi. Melibatkan pegawai dan orang lain yang berkaitan dengan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan di dalam organisasi tempatnya bekerja. 

Suyadi menerangkan, kegiatan ini juga sebagai upaya dari pihak KPK untuk melakukan pemotretan kondisi WBS nantinya di Provinsi Riau. Dengan melakukan penilaian seperti komitmen terhadap asesmen WBS, budaya organisasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau atau terkait peraturan - peraturan yang ada di Provinsi Riau.

"Nantinya kita akan melihat potretnya seperti apa. Sehingga kita akan mengetahui  dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki jika ada yang kurang dan meningkatkan apa yang sudah baik," tuturnya.

Untuk itu, Suyadi menyebutkan perlunya dukungan dari Pemprov Riau terhadap proses pemotretan mengenai kondisi WBS di Provinsi Riau.

"Silahkan diskusi dengan tim terkait proses asesmen seperti apa, agar melalui pemotretan bisa menggambarkan WBS seperti apa di Provinsi Riau," ungkapnya.

Sementara itu, Sekdaprov Riau SF Hariyanto menuturkan dalam menindaklanjuti asesmen WBS ini, pihaknya mengharapkan dukungan dari KPK perihal untuk memotret mengenai kegiatan WBS yang dilakukan di Provinsi Riau.

"Karena itu, kami di sini (Riau) membutuhkan pendampingan dan ada beberapa data yang sudah kami sampaikan kepada tim (KPK) terhadap data yang telah kami miliki," ucapnya.

Oleh karena itu, SF Hariyanto berharap pelaksanaan WBS dapat segera dilaksanakan di Provinsi Riau serta dapat berjalan serta dapat membantu Pemprov Riau agar lebih baik lagi kedepannya. 



(Mediacenter Riau/dw)