PEKANBARU - Menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar melakukan peninjauan terhadap kesiapan pelaksanaan Protokol Kesehatan (Prokes) pada salah satu mall di Pekanbaru. 

"Kita tahu saat ini sudah memasuki bulan Desember dan sebentar lagi saudara-saudara kita akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2022, karena itu kami uji coba hari ini meninjau mall dalam rangka untuk mengecek kesiapan nanti Nataru," kata Gubri di Mall SKA Pekanbaru, Sabtu (4/12/2021).

Ia berharap, pengelola mall-mall yang ada di Pekanbaru untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga menyatakan bahwa akan melakukan koordinasi bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru agar menerapkan pengecekan menggunakan barcode untuk mengetahui sejauh mana masyarakat yang telah melakukan vaksinasi. 

"Kami menyambut baik bahwa saat ini semua mall yang ada di Pekanbaru melaksanakan  kegiatan vaksinasi," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, akan koordinasi dengan Pemko Pekanbaru agar pelaksanaan vaksinasi di mall-mall kapasitasnya ditambah. Hal ini sebagai upaya percepatan vaksinasi di Kota Pekanbaru khususnya dan untuk masyarakat Riau umumnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pengelola mall senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan ini harus kita jaga terus apalagi kita tahu bahwa di beberapa negara sudah ada varian baru," sebutnya.

Oleh karena itu, ungkapnya dengan mematuhi serta disiplin prokes ini merupakan upaya untuk melindungi diri sendiri, juga masyarakat Provinsi Riau umumnya agar nantinya tidak ada yang tertular COVID-19.

"Saya juga melihat adanya UMKM yang berada di mall ini, Alhamdulillah mereka saat ini hasil dari penjualannya cukup lumayan, restoran yang ramai, hotel yang penuh. Ini menunjukkan ekonomi di Riau sudah membaik," ujarnya.

Orang nomor satu di Riau ini menyebutkan, adanya korelasi antara peningkatan kasus COVID-19 dan pemulihan ekonomi. Sehingga ia mengajak masyarakat Riau khususnya untuk bersama menjaga prokes sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran COVID-19.

"Kalau bisa mengendalikan COVID-19 di Riau ini insyaallah ekonomi bisa pulih," harapnya.



(Mediacenter Riau/dw)