PEKANBARU - Bagi masyarakat Provinsi Riau yang ingin disuntik vaksin Covid-19, tidak perlu khawatir kehabisan vaksin. Sebab saat ini Riau masih mempunyai stok 600 ribu lebih dosis vaksin yang tersebar di kabupaten/kota. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta Pemerintah Daerah (Pemda) mendorong program vaksinasi, sehingga 70 persen masyarakat Riau telah divaksin dapat tercapai di akhir tahun ini. 

"Bagi organisasi masyarakat atau mitra pemerintah yang mempunyai program vaksinasi silahkan melapor melalui Dinas Kesehatan kabupaten/kota masing-masing. Karena vaksin kita cukup, tidak ada alasan vaksin kita tidak cukup," kata Syamsuar pada peringatan Milad ke-23 Pengurus Wilayah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Riau di Taman Rekreasi Alam Mayang, Sabtu (4/12/2021). 

Gubri menjelaskan, saat ini vaksinasi Provinsi Riau baru mencapai 51 persen. Sementara kabupaten/kota masih banyak di bawah angka 40 persen. Oleh karenanya, ia meminta organisasi masyarakat turut mengambil peran dalam menyukseskan program pemerintah tersebut. 

"Kepada buapti/wali kota kami imbau juga agar vaksinasi massal bisa disegerakan sehingga kita bisa melebihi 70 persen di akhir tahun ini," imbuhnya. 

Vaksin sendiri sudah dapat dibuktikan bisa mengurangi tertular dari virus Corona. Untuk itu, ia berpesan agar masyarakat tidak perlu khawatir karena vaksin yang diberikan aman dan efektif. 

Terlebih sekarang telah ada varian baru Covid-19 yakni Omircon. Untuk itu, Syamsuar merasa perlu masyarakat di vaksin agar terlindungi dari tertular virus Corona. 

"Upaya ini dalam rangka untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Riau agar pemulihan ekonomi juga bisa kita pertahankan sehingga dapat mensejahterakan masyarakat Riau," tutupnya. 



(Mediacenter Riau/nv)