PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau, tahun anggaran 2022 ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). 

Persetujuan tersebut, disahkan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Riau, Senin (29/11/21), dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman. 

Menanggapi hal itu, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, mengucapkan terima kasih atas disetujuinya Ranperda APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2022 menjadi Perda. 

Ia berharap, DPRD Provinsi Riau dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dapat mempersatukan langkah bersama, untuk selalu bekerja keras dalam menjadikan Riau lebih maju dan lebih baik. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan di Bumi Melayu Lancang Kuning semakin nyata dirasakan oleh seluruh masyarakat. 

"Kerjasama yang telah terbangun selama ini antara Eksekutif dan Legislatif akan menjadi kekuatan dan modal utama yang sangat berharga bagi kita semua untuk menjalankan roda pembangunan di Provinsi Riau," jelasnya. 

Pemerintah Daerah dan DPRD menurut Syamsuar, harus terus bersinergi dan berupaya secara nyata. Namun, tetap berpedoman kepada Perundang-undangan, untuk menghasilkan APBD yang mencerminkan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi daerah yang berorientasi kepada kepentingan publik. 

APBD, kata Syamsuar mempunyai fungsi perencanaan dan pengawasan. Instrumen APBD, menurutnya akan menjadi efektif dalam mencapai tujuan pembangunan. Hal ini apabila ditopang dengan perencanaan yang lebih baik, dan kemampuan pelaksanaan secara konsisten serta sesuai dengan prinsip tata kelola pembangunan yang baik sehingga kebocoran korupsi dan penyelewengan dapat dihindari. 

Setelah disetujui Ranperda APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2022, mekanisme dan tahapan selanjutnya yaitu evaluasi yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Kita berharap rekomendasi hasil evaluasi oleh Kemendagri dapat diselesaikan dalam waktu seceptanya. Sehingga proses pelaksanaan APBD Provinsi Riau tahun anggaran 2022 dapat dimulai dari awal dan berjalan dengan maksimal sesuai dengan harapan bersama," harapnya.



(Mediacenter Riau/nv)