PEKANBARU - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM) Teten Masduki mengucapkan selamat atas terselenggaranya Indonesia Creative City Festival (ICCF) 2021 di Pekanbaru Riau. 

Ia juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Riau, (Dinas Pariwisata) dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN), serta pihak terkait lainnya, lantaran telah mendukung penuh pelaksanaan ICCF 2021.

"Selamat atas terselenggaranya ICCF Tahun 2021 ini. Kami juga sangat mengapresiasi Pemprov Riau, Bank Indonesia, dan Bank Rakyat Indonesia yang sudah mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini," ucap Teten, Minggu (28/11/2021) di Pekanbaru. 

Ia menuturkan, di tengah disrupsi digital gelombang kedua dan disrupsi pandemi hadirnya bonus demografi juga menghadirkan baik peluang maupun tantangan.

"Saya selalu mengingatkan ke berbagai pihak bahwa kita punya bonus demografi yang sekarang 68% didominasi anak muda, saya sering mengatakan bahwa dengarlah suara anak muda," tuturnya.

Karena menurutnya, ke depan generasi muda inilah yang akan mengelola negara ini. Ia Melihat saat adanya disrupsi  yang bisa bertahan adalah generasi - generasi yang bisa mengikuti alur perubahan tersebut. 

"Anak - anak muda lah yang saat ini generasi paling cepat untuk mengetahui perubahan - perubahan yang terjadi. Sudah saatnya kita memberikan ruang kepada anak - anak muda yang kreatif di negeri ini," ungkapnya.

Ia berharap ICCN melalui kegiatan festival seperti ICCF dapat memunculkan peluang yang bagus untuk sinergitas lintas stakeholder hexahelix.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat juga memunculkan peluang inovasi dari kota Kabupaten kreatif yang dapat diusung kelevel nasional dan global. Sehingga para pemenang yang memiliki potensial lintas sektoral di kreatif bisa hadir lebih banyak lagi," harapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada komunitas kreatif ICCN dari seluruh Indonesia juga dapat mengambil peran dan juga dapat lebih aktif dalam membantu UMKM di Indonesia ini.

"Kami juga berharap, kalian yang ada di ICCN ini dapat lebih aktif lagi untuk membantu UMKM agar hadir dalam ekosistem digital mulai dari daerah dengan mencari potensi potensi pasar yang baru, menemukan model bisnis yang inovatif," mintanya.

Ia juga menyebutkan, kolaborasi menjadi elemen yang penting untuk Pihak ICCN. Oleh karena itu, tetaplah untuk menjaga kolaborasi dengan baik agar kedepannya dapat membantu Indonesia lebih maju.

"Saya juga berharap, ICCF Tahun 2021 ini sebagai bentuk konkrit sinergi antara komunitas, pelaku usaha, rekan akademisi, pemerintah pusat dan daerah, media, serta rekan-rekan agregator dalam upaya bersama untuk memajukan UMKM di Indonesia khususnya yang berkarya di ekonomi kreatif," tutupnya. 

(Mediacenter Riau/nb)