PEKANBARU - Sebagai bentuk apresiasi terhadap insan olahraga yang telah membawa nama harum Riau, baik di tingkat Nasional maupun internasional, Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, kembali memberikan penghargaan kepada 30 insan olahraga.

Pemberian penghargaan diberikan kepada, pelatih, pembina, mantan atlet, serta atlet berprestasi peraih medali baik ditingkat Nasional dan Internasional orang, total 28 orang. Yang terdiri dari, atlet yang dibina oleh KONI 17 orang, atlet yang dibina oleh NPC 9 orang, dan atlet SOINA 2 orang. 

Dalam tahun ini Dispora juga memberikan penghargaan kepada SIWO PWI Riau, atas dedikasinya ikut mengembangkan olahraga bagi para wartawan, dan masyarakat, serta ikut mensosialisasikan perkembangan olahraga di Riau, baik tingkat Nasional maupun internasional. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Boby Rahmat, mengatakan, penghargaan diberikan kepada seluruh insan olahraga ini, merupakan kegiatan rutin dari Dispora Riau. Dan untuk tahun ini penghargaan diberikan kepada atlet maupun pelatih, dan mantan atlet, meningkat bila dibandingkan tahun lalu.

“Insya Allah kita akan memberikan penghargaan kepada atlet-atler kita yang telah beprestasi, yang telah membawa nama harum Riau, pada iven olahraga Nasional maupun Internasional. Ini bentuk kepedulian terhadap mereka, yang telah berjuang untuk olahraga Riau,” kata Boby Rahmat.

Boby mengatakan, penghargaan yang diberikan ini tidak sebanding dengan ukiran prestasi yang telah dicapai mereka. Dispora Riau, tetap mendukung setiap kegiatan insan olahraga yang membanggakan Riau hingga masa mendatang. Di mana pada masa pandemi COVID-19 di tahun 2021 ini, olahraga kembali diaktifkan, baik do tingkat nasional dan Internasional, termasuk selesainya penyelenggaraan PON dan Peparnas di Papua. 

“Kita tetap mendukung dan membina para atlet, termasuk pelatih dan pembina olahraga, untuk terus dapat meningkatkan prestasi. Termasuk mantan atlet yang hampir terlupakan, perlu tetap kita kenang dan berikan penghargaan. Mereka juga membawa nama harum Riau dimasanya,” kata Boby.

Sementara itu, Ketua panitia pemberian penghargaan, Syahriantoni, mengatakan, untuk tahun 2021 ini, penghargaan Untuk tahun ini penghargaan akan diberikan kepada 30 atlet, pelatih, pembina dan mantan atlet. Dalam penetapan penghargaan, pihaknya melibatkan pemangku kepentingan dibidang olahraga, untuk memilih siapa yang pantas menerima penghargaan. Dimana tim perumus melibatkan, KONI Riau, MPC, SOINA, SIWO PWI, dan perwakilan media. 

“Alhamdulillah pada tahun ini kembali kita dapat memberikan penghargaan kepqda insan olahraga di Riau. Tahun ini kita tingkatkan penerima penghargaan sebanyak 30 orang. Tahun sebelumnya 20 orang, karena kita menilai, penghargaan ini pantas kita berikan kepada pelaku olahraga di Riau,” ujar Syahriantoni.

Dalam penetapan penghargaan, pihaknya melibatkan pemangku kepentingan dibidang olahraga, untuk memilih siapa yang pantas menerima penghargaan. Dimana tim perumus melibatkan, KONI Riau, MPC, SOINA, SIWO PWI, dan perwakilan media. 

“Kita melibatkan setiap elemen dan pemangku kepentingan dibidang olahraga, agar dapat bersinergi dan memberikan sumbangsihnya dalam bentuk apapun demi kemajuan prestasi. Dan menetapkan atlet, pelatih, pembina olahraga dan mantan atlet, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan bersama, melalui tim perumus,” kata Toni biasa ia disapa.

Pemberian penghargaan kepada insan olaharaga Riau, akan langsung diserahkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Senin (29/11). Dan bersamaan dengan penyerahan sagu hati, atau bonus bagi atlet dan pelatih peraih medali pada PON XX dan Peparnas 2021. MCR/JI



(Mediacenter Riau/ji)