PEKANBARU - Menteri BUMN bersama Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo, Putri Tanjung, sambangi Kota Pekanbaru Riau, pada 26-27 November 2021. Kedatangan dua tokoh itu untuk membuka perhelatan Indonesia Crative Cities Festival (ICCF) dan Kenduri Riau 2021.

Pembukan event ini digelar di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru, Jumat (26/7) malam. Pada hari ini Sabtu (27/11) ini, kegiatan konferensi Kota Kreatif Indonesia juga dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru. 

Menteri BUMN Erick Tohir mengatakan, bahwa kepala daerah mulai dari gubernur, bupati, dan wali kota yang mencintai rakyatnya harus peduli dan mendukung penuh  pembangunan ekonomi kreatif di daerahnya. 

"Gubernur Riau pemimpin yang sangat mencintai rakyatnya, jadi harus terus mendukung ekonomi kreatif di Riau. Terima kasih para wali kota bupati yang juga terus mendorong industri kreatif," ujar Eric Tohir, ketika membuka acara ICCF dan Kenduri Riau, Jumat (26/11) malam. 

Menteri BUMN juga berterima kasih kepada Staf Khusus Presiden RI, Putri Tanjung. Menurutnya Putri layak menjadi pemimpin di masa depan 

"Terima kasih keponakan saya Putri Tanjung yang juga dipercaya saat ini sebagai suara generasi muda ke istana, agar tentu generasi punya perwakilan untuk kepemimpinan masa depan para pejuang kreatif yang hadir dari seluruh Indonesia," ucap Eric Thohir. 

Disampaikan, Eric Tohir, bahwa ICCF menjadi bukti Indonesia maju dan berprestasi. Ia berpesan sepenuh hati untuk  bersama meraih prestasi. 

"Tentu saya hadir di sini adalah sebuah kehormatan dan tentu kami di PMN terus mendorong dan berkolaborasi. Tidak hanya di pemerintah pusat dan pemerintah daerah tetapi juga dengan para pejuang kreatif yang dibawahi ICCN (Indonesia Cretive Cities Network) ataupun yang diluar ICCN.

Sementara, Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau komitmen terhadap kemajuan ekonomi kreatif khususnya di Provinsi Riau.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam acara Indonesia Creative Cities Conference atau Konfrensi Kota Kreatif Indonesia yang mengusung tema "Hela muara takkan putus air di cincang", berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru, Sabtu (27/11/2021). Siang

"Riau sedang mempersiapkan ruang untuk anak - anak ekonomi kreatif  yaitu dengan Riau Creative Hub (RCH). Pembangunan RCH ini berdasarkan aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Provinsi Riau," ucap Gubernur Riau. 

Diungkapkannya, bahwa Pemprov Riau melaui Dinas Pariwisata Riau dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, berupaya membantu pemasaran hasil produk- produk para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Riau ini.

"Semoga apa yang diharapkan terhadap ekonomi kreatif ini, akan menjadi perhatian kami sehingga kedepannya bersama memajukan ekonomi kreatif ini," harap Gubri.

Sementara, kehadiran Staf Khusus Presiden Joko Widodo, Putri Tanjung selain hadir ikut membuka acara tersebut, ia juga menjadi narasumber pada konferensi Indonesia kota kreatif 2021.

"Iya benar, Staf Khusus Presiden, kak Putri Tanjung akan menyampaikan materi tentang ekonomi kreatif, wirausaha, dan generasi muda pengisi masa depan Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat. 

MC Riau