ppid@riau.go.id (0761) 45505

Kadisbud Riau Wafat, Pjs Bupati Meranti: Beliau Sosok Birokrat dan Budayawan Berdedikasi

  • PPID UTAMA
  • 04 October 2024
  • 26 View

Pekanbaru - Riau kehilangan salah satu putra terbaiknya. Raja Yoserizal Zen, sosok yang begitu lekat dengan dunia kebudayaan Melayu, telah berpulang. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Riau, khususnya para pelaku seni dan budaya.

Kepergian Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak, termasuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pjs Bupati Kepulauan Meranti, Roni Rakhmat, menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya sosok yang sangat berdedikasi tinggi bagi dunia kebudayaan Riau.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyampaikan rasa belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Raja Yoserizal Zen. 

"Beliau adalah sosok birokrat dan budayawan yang sangat berdedikasi. Di bawah kepemimpinannya, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau berhasil meraih berbagai prestasi, seperti pengakuan sejumlah warisan budaya tak benda Riau oleh UNESCO," kata Roni Rakhmat, dalam keterangan resmi, Jumat (4/10/2024).

"Beliau juga dikenal sebagai sosok yang sangat peduli terhadap generasi muda. Banyak program yang beliau inisiasi untuk menumbuhkan minat generasi muda terhadap seni dan budaya," imbuhnya.

Roni berujar, kontribusi almarhum bagi dunia kebudayaan Riau sangatlah besar. Ia berhasil mendorong peningkatan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya Melayu.

"Di bawah kepemimpinannya, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau banyak meraih prestasi. Beberapa di antaranya adalah penyelenggaraan berbagai festival budaya yang sukses menarik minat wisatawan. Almarhum juga memiliki peran penting dalam pelestarian warisan budaya takbenda Riau," ucap Roni 

Kepergian almarhum, lanjut Roni, merupakan kehilangan besar bagi dunia kebudayaan, khususnya bagi masyarakat Riau. Ia berharap agar keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini.

Lebih lanjut, Roni berharap agar semangat almarhum dalam melestarikan budaya Riau dapat terus diwariskan kepada generasi muda. "Semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT dan ditempatkan di sisi-Nya yang paling mulia,” doa Roni Rakhmat.

Kabar duka ini begitu cepat menyebar dan mengundang reaksi dari berbagai pihak. Para seniman, budayawan, wartawan, dan tokoh masyarakat Riau menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam. Mereka mengenang sosok Raja Yoserizal Zen sebagai pribadi yang rendah hati, cerdas, dan inspiratif.

Raja Yoserizal Zen bukan sekadar seorang kepala dinas. Beliau adalah seorang budayawan sejati yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pelestarian warisan budaya Melayu. Sepanjang hidupnya, beliau aktif dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat martabat seni dan budaya Riau di kancah nasional maupun internasional.



(Mediacenter Riau/MC Riau)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Ir. MUHAMMAD TAUFIQ OESMAN HAMID, MT

Plh. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

671

  • 275 Tersedia Setiap Saat
  • 344 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 8 Dikecualikan

Permohonan Informasi

357

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 75 Sedang Proses

Member PPID

446

  • 445 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir

Play Store