ppid@riau.go.id (0761) 45505
MTQ Nasional di Depan Mata, Pemprov Riau Matangkan Persiapan Kafilah

MTQ Nasional di Depan Mata, Pemprov Riau Matangkan Persiapan Kafilah

  • PPID UTAMA
  • 26 August 2024
  • 19 View

PEKANBARU – Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau, melalui Biro Kesejahteran Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah menggelar persiapan keberangkatan seluruh kafilah. Persiapan ini juga melibatkan tim pendamping menuju Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-30 Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Biro Kesra Riau, Imron Rosyadi, menyampaikan bahwa rapat persiapan ini merupakan langkah penting untuk memastikan semua kebutuhan kafilah terpenuhi. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum mereka berangkat ke ajang perlombaan nasional.

"Kami ingin memastikan bahwa segala persiapan, mulai dari akomodasi hingga kebutuhan teknis selama kegiatan, sudah matang. Makanya kami seluruh panitia berkumpul untuk rapat hari ini karena penting agar para kafilah bisa fokus berkompetisi tanpa terbebani masalah lain," ujar Imron usai rapat di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru, Senin (26/08/2024).

Dijelaskan, terdapat 56 kafilah inti dan 54 kafilah cadangan yang akan turun pada kompetisi MTQ Nasional. Oleh karena itu, Pemprov Riau sangat serius dalam mempersiapkan para peserta yang akan berlomba.

Langkah strategis ini dapat di lihat, dengan upaya Biro Kesra Riau memberikan sarana training center (TC) untuk para kalifah agar dapat mengembangkan kompetensi dan berlatih mengasah kemampuannya. Kegiatan tersebut telah dimulai sejak tanggal 14 Agustus hingga berakhir pada 3 September 2024.

"Kami juga telah melakukan berbagai persiapan intensif, termasuk pelatihan dan pembekalan kepada para peserta. Seperti, kemarin anak-anak kita yang TC sudah dimulai tanggal 14 Agustus dan insyaallah akan berakhir pada tanggal 3 September. Kemudian, 4 September sudah berangkat ke kota Samarinda," jelasnya.

Diharapkan, dengan persiapan yang matang, kafilah Riau dapat tampil maksimal dan membawa pulang prestasi yang membanggakan bumi lancang kuning. Terlebih, pada saat Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Hadits (STQH) Nasional, Provinsi Riau berhasil meraih peringkat 4.

Dengan begitu, ini menjadikan motivasi lebih bagi pihak-pihak yang terkait untuk mampu meberikan peraihan hasil terbaik dari tahun sebelumnya. "Mohon doa dari semua pihak dan masyarakat Provinsi Riau agar kafilah Riau pada MTQ yang ke-30 ini bisa berprestasi. Karena kalau melihat pada perlombaan STQH Nasional tahun lalu, kita mendapat peringat empat. Harapan kita di MTQ Nasional ini bisa meraih hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkapnya.

Sementara itu, KaTim MTQ Kanwil Kemenag Riau, Defizon, menerangkan Riau menjadi provinsi yang mengikuti perlombaan terbanyak. Kafilah dari bumi lancang kuning akan tampil pada 8 cabang perlombaan serta satu cabang eksebisi (kaligrafi digital golongan putra dan putri).  

"Alhamdulillah sesuai dengan jumlah cabang yang dilombakan ada 8 cabang, kita provisi Riau mengikuti seluruh cabang perlombaan. Ada 54 peserta, kemudian ada 2 peserta juga yang tahun ini merupakan cabang eksibisi kaligrafi digital," terangnya.

Sebagai informasi, adapun cabang dan golongan yang diperlombakan pada MTQN ke 30 diantaranya, Seni Baca Al Quran, Qiraat Al Quran, Hafalan Al Quran, Tafsir Al Quran, Fahm Al Quran. Kemudian Syarh Al Quran, Seni Kaligrafi Al Quran, Karya Tulis Al Quran (KTIQ) dan Cabang Eksibisi Seni Kaligrafi Al Quran.

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional XXX, akan dibuka secara resmi pada tanggal 8 September. Kemudian, penutupannya dilaksanakan 15 September 2024, di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.



(Mediacenter Riau/bib)

Struktur PPID

Struktur Pejabat Pengelola dan Dokumentasi (PPID) Riau

Dr. RAHMAN HADI, M.Si

Pj. Gubernur Riau

-

Wakil Gubernur

Indra, SE., MM

Pj. Sekretaris Daerah

IKHWAN RIDWAN, SH, M.Si

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik

Penghargaan

Daftar Penghargaan Pemerintah Provinsi Riau

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penetapan Pantun sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh UNESCO pada tanggal 17 Desember 2020

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII "baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia sebagai Peringkat VIII “baik” pada Kategori Pemerintah Daerah Provinsi

Penghargaan pembina K3 terbaik

Penghargaan pembina K3 terbaik

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Provinsi Riau menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 (lima) kali berturut-turut

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

Innovative Government Award (IGA) 2020 sebagai Provinsi Sangat Inovatif dari Kemendagri RI

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

UPT. Kompetensi mendapat Sertifikat Pengakuan Kelayakan Penyelenggara Penilaian Kompetensi Grade A

Informasi PPID

Informasi Data PPID Riau

Informasi Publik

636

  • 269 Tersedia Setiap Saat
  • 317 Berkala
  • 44 Serta Merta
  • 6 Dikecualikan

Permohonan Informasi

351

  • 98 Selesai
  • 181 Ditolak
  • 70 Sedang Proses

Member PPID

440

  • 439 Aktif
  • 1 Tidak Aktif

Info Grafis

Daftar Info Grafis

PPID OPD

Daftar link website PPID Pembantu Provinsi Riau

PPID Kabupaten/Kota

Daftar link website PPID Kabupaten/Kota

Kota Dumai Kab. Siak Kab. Bengkalis Kab. Rokan Hilir Kab. Rokan Hulu Kab. Pelalawan Kab. Kepulauan Meranti Kota Pekanbaru Kab. Kuansing Kab. Kampar Kab. Indragiri Hulu Kab. Indragiri Hilir